in

Simak Investasi yang Cocok Untuk Penikmat Zona Nyaman !

Marketplace Reksadana

Dalam dunia investasi, ada saja oknum yang memanfaatkan untuk melakukan penipuan. Seringkali kita mendengar penipuan investasi, entah berkedok koperasi, perusahaan fintech, bahkan tour travel yang menawarkan jasa ibadah yang ujung-ujungnya adalah penipuan dan membuat korbannya menderita. Nah, untuk itu bagi kalian yang tergolong investor takut akan risiko berinvestasi. Kali ini kita sajikan instrumen investasi yang cocok untuk penikmat zona nyaman.

Sebenarnya ada faktor utama yang harus diperhatikan ketika memilih instrumen investasi. Yakni mengetahui terlebih dahulu produk investasi yang ingin dibeli, apakah sudah resmi, terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau masih abu-abu? Namun, masih saja ada beberapa investor yang tetap tertipu.

Baca juga: Gagal Berinvestasi? Tenang, Lakukan Hal Berikut Ini (Part 2)

Investasi apakah yang rendah risiko?

Dikutip dari CNBCIndonesia, di pasar modal sebenarnya ada instrumen yang memiliki risiko rendah. Bahkan, sifat keuntungan yang didapat adalah tetap atau fixed. Yang mana artinya investasi ini sangat cocok untuk penikmat zona nyaman. Instrumen investasi tersebut adalah Surat Berharga Negara (SBN) alias surat utang yang diterbitkan oleh negara; Pemerintah Indonesia.

Baca Juga  Investasi dan Spekulasi, Apa Perbedaannya?

SBN bahkan seringkai dinilai risk free alias bebas risiko. Pasalnya yang menerbitkan adalah negara sendiri. Bukan suatu perusahaan yang biasa dikenal dengan obligasi korporasi, maka pembayarannya menjadi jaminan utama.

Jenis SBN

SBN ada bermacam-macam jenis, yaitu konvensional dan syariah. Ada pula yang menyasar investor korporasi atau institusi, ada pula yang membidik pasar baru yakni ritel.

Konvensional

Untuk yang konvensional sendiri yaitu Surat Utang Negara (SUN). Biasanya diburu oleh para investor institusi asing dan lokal. Institusi lokal bisa berasal dari perusahaan asuransi, fund manager, dana pensiun, dan Bank Indonesia. Investor asing bisa dari fund manager luar, bank global dan pemerintah negara lain.

Baca juga: Enaknya Beli Saham Langsung Borong atau Dicicil?

Selain itu, ada juga Surat Perbendaharaan Negara (SPN) dan global bond dengan denominasi beragam, ada yen jepang (Samurai Bond) dan yuan China (Dim Sum Bond).

Adapun untuk SBN ritel ada Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Saving Bond Ritel (SBR).

Syariah

Sedangkan yang bersifat syariah atau biasanya dikenal dengan sebutan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Yaitu Sukuk Negara, Islamic Fixed Rate (IFR), Surat Perbendaharaan Negara Syariah (SPNS), Sukuk Dana Haji Indonesia (SDHI), Project Based Sukuk (SBSN PBS), dan Sukuk Valas (SV).

Baca Juga  Tips Berinvestasi Saat Pandemi Corona

Untuk syariah dengan versi membidik investor ritel, ada Sukuk Ritel (Sukri) dan Sukuk Tabungan.
Sedangkan yang khusus instrumen yang ditujukan bagi masyarakat luas atau dijual secara ritel atau eceran yakni ORI, SBR, Sukri, dan sukuk tabungan.

Instrumen investasi ini dapat diperoleh oleh masyarakat luas dengan mudah. Yakni melalui agen penjual berupa bank, perusahaan efek, dan fintech sehingga pembelian bisa dilakukan dengan online.

Baca juga: Gojek Ditinggal Nadiem, Apakah Jadi IPO ?

Tinggalkan Balasan

Fakta dibalik mitos investasi saham

Enaknya Beli Saham Langsung Borong atau Dicicil?

syarat cpns 2019

Syarat CPNS 2019, Ini yang Harus Anda Persiapkan!