in

Pemula, Simak 3 Instrumen Investasi yang Pas Buat Anda!

Sebagai seorang yang awam dalam mengatur finanasial, tentu menentukan investasi apakah yang cocok sangat sulit. Jangankan menentukan jenis isvestasinya, terkadang bahkan ada yang belum melek finansial mengenai pentingnya berinvestasi. Kali ini, kita akan membahas mengenai 3 instrumen investasi yang pas buat pemula.

Dikutip dari Finansialku, sebelum memulai menanamkan danamu ke dalam sebuah instrumen investasi, pastikan untuk menanamkan prinsip bahwa investasi ibarat suatu kendaraan. Yang mana artinya kendaraan tersebut yang membawamu sesuai tujuan.

Anda bebas memilih kendaraan seperti apa, misalnya motor, sepeda, mobil, kereta api, atau pun pesawat. Kendaraan bertujuan untuk membantu kita mengantarkan dari titik awal (sebut titik A) menuju ke titik tujuan (sebut titik B).

Baca juga: Simak Investasi yang Cocok Untuk Penikmat Zona Nyaman !

Hal ini juga sama halnya dengan investasi, fungsinya membawa kita dari titik A (kondisi keuangan saat ini) menuju ke titik B (mewujudkan tujuan keuangan Anda: DP rumah, beli mobil, dana pernikahan, liburan ke luar negeri, perjalanan Ibadah, pensiun dan lain sebagainya).

Baca Juga  Jenis Investor Sesuai Tujuan Berinvestasi

Investasi yang cocok untuk pemula

1. Investasi reksa dana

Jenis instrumen reksa dana merupakan jenis pertama  yang paling mudah di antara 3 instrumen investasi untuk pemula. Anda tidak perlu susah lagi mengatur keuangan karena sudah ada yang menjalankannya.

Anda cukup buka akun investasi reksa dana, memilih produk reksa dana dan beli. Setelah itu, manajer investasi akan membantu mengelola uang Anda.

Baca juga: Keuntungan Investasi Reksadana di Bukalapak

2. Investasi Peer to Peer Landing

Investasi yang pas untuk pemula yang kedua adalah peer to peer lending (P2P Lending).

Anda bisa memulai berinvestasi lewat P2P hanya dengan membuka akun secara online. Tenang saja, prosesnya gratis. Setelah itu, transfer sejumlah uang dan cari perusahaan yang ingin didanai.

Jangan lupa, pastikan untuk memilih suatu perusahaan yang memang memiliki potensi menguntungkan ke depannya. Jumlah dana yang digunakan untuk investasi awal P2P lending ini bervariasi, mulai dari Rp100.000 hingga Rp10 juta.

3. Investasi Saham (nabung saham)

Saham merupakan intrumen favorit di antara yang lainnya karena bisa memberikan return (keuntungan) yang tinggi.

Baca Juga  Cara Kerja Investasi Asuransi Syariah

Nabung saham ini artinya Anda membeli saham secara berkala, misal membeli saham setiap bulan.

Sama eperti intrumen yang lainnya, pertama kali Anda perlu membuka akun saham. Setelah itu Anda transfer sejumlah uang ke rekening saham Anda. Kemudian beli saham sesuai dengan hasil analisis Anda.

Baca juga: Enaknya Beli Saham Langsung Borong atau Dicicil?

Tinggalkan Balasan

BPJS Kesehatan

Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Keuntungan Trading di Broker Exness (Exness Limited)

Keuntungan Trading di Broker Exness (Exness Limited)