in

Bulan November , Saatnya Beli atau Jual Saham Ya?

Fakta dibalik mitos investasi saham
Tips untuk Mahasiswa Investor Pemula

Pasar saham sejak awal bulan diawali dengan kurang mengenakkan. Dengan kondisi seperti ini kira-kira bulan November jadi ajang yang bagus untuk beli atau jual saham ya?

Baca juga: Saham Petrosea (PTRO) Diborong Lo Kheng Hong

Pergerakakn IHSG

Pada awal bulan hari Jumat (1/11) yang lalu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selaku indeks saham acuan di Indonesia membukukan koreksi sebesar 0,34% ke level 6.207,19, menandai koreksi selama dua hari beruntun.

Faktanya, secara historis, bulan November sangat mencekam bagi pelaku pasar. Pelaku pasar harus benar-benar berhati-hati. Pasalnya, ternyata secara historis November merupakan bulan yang kurang bersahabat bagi pasar saham tanah air.

Imbal hasil IHSG

Berikut ini merupakan hasil riset dari Tim CNBC, dikutip dari CNBCIndonesia, terhitung imbal hasil IHSG secara bulanan dalam periode sepuluh tahun terakhir (2009-2018). Hasilnya, dalam 10 bulan November terakhir, IHSG membukukan koreksi sebanyak tujuh kali. IHSG hanya menguat tiga kali secara bulanan pada 10 bulan November terakhir.

Baca juga: Wah! Dengan Nilai Tahun 2018, Peserta Bisa Ikut Seleksi CPNS 2019

Baca Juga  6 Tips Trading Forex Dengan Modal Kecil (Part 1)

Pada bulan November tahun 2013 merupakan anjloknya IHSG yang terparah. Kala itu, IHSG ambruk hingga 5,64% jika dibandingkan dengan posisi per akhir Oktober 2013.

Selain itu, bulan November menjadi satu di antara dua bulan yang secara rata-rata membukukan imbal hasil negatif dalam 10 tahun terakhir. Selain di bulan November, hal serupa bisa didapati di bulan Agustus.

Dengan mencermati sejarah pergerakan IHSG di bulan November yang mengecewakan, yang mana IHSG berwarna merh. Maka, lebih baik pelaku saham menghindari saham-saham gorengan. Namun, hal ini tidak dipungkiri merupakan momen yang ditunggu untuk membeli saham blue-chip alias menyerok saham dari emiten yang memiliki fundamental bagus. Jadi, bagaimana trader? apakah bulan November jadi bulanmu untuk beli atau jual saham?

Baca juga: Mengapa Negara-Negara Ini Membuang Dolar AS?

Tinggalkan Balasan

REVIEW BROKER: GKInvest (PT Global Kapital Investama Berjangka)

REVIEW BROKER: GKInvest

Alasan mengapa stablecoin menarik begitu banyak perhatian adalah karena potensi mata uang digital yang akhir - akhir ini terlihat menjanjikan.

Definisi Stablecoin dalam Dunia Cryptocurrency