in

Ragam Investasi yang Perlu Anda Coba di Akhir Tahun

Ragam Investasi

Musim liburan tahun 2019 kurang dari dua bulan lagi, dan umumnya pegawai kantoran, khususnya karyawan swasta, sedang menanti akhir tahun berharap akan menerima bonus dari kinerja perusahaan selama setahun.

Nah, sebelum menerima bonus, segera persiapkan semua rencana investasi anda. Jangan sampai bonus akhir tahun anda menguap sia-sia.

Banyak ragam investasi yang dapat dipilih, bergantung pada seberapa banyak dana yang Anda bersedia sisihkan. Pilihan investasi yang umum bisa dalam bentuk investasi logam mulia emas, deposito, reksa dana, hingga saham. Berikut ini adalah ulasan ragam investasi dari CNBC yang perlu anda coba:

Deposito

Deposito punya risiko paling kecil atau paling aman karena tingkat imbal hasil sudah dijamin. Namun deposito jarang disebut sebagai produk investasi, karena nilainya bisa tergerus oleh inflasi.Umumnya, minimal dana yang harus disiapkan antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta, di mana tingkat suku bunga (imbal hasil) yang diperoleh untuk tenor 12 bulan di kisaran 4,25%-5,5%.

Emas

Investasi emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak suka resiko (risk averse). Pasalnya, serupa dengan deposito, investasi emas Antam juga menjanjikan imbal hasil positif.

Baca Juga  Bulan November , Saatnya Beli atau Jual Saham Ya?

Jika memilih emas Antam, range dana yang harus disiapkan bergantung pada ukuran yang dibeli. Semakin kecil ukuran logam maka biaya per gram akan semakin mahal, di mana setidaknya harus menyiapkan modal Rp 763.000/gram. Jika membeli ukuran 100gram, emas yang biasanya Rp 71,4 juta per batang atau Rp 714.000/gram.

Sedangkan, tingkat pengembalian bergantung pada harga pasar. Jika mengkoleksi emas Antam sejak awal tahun ini hingga 30 September 2019, maka imbal hasil yang diperoleh antara 13%-15%.

Reksa dana saham dan saham

Berbeda dengan deposito dan emas Antam, terdapat resiko rugi ketika berinvestasi di reksa dana saham dan saham. Namun, jika memilih yang tepat, bisa mendapat cuan yang fantastis, hingga 2 kali lipat hanya dalam kurun waktu 9 bulan pertama tahun ini.

Selain itu, dana investasi minimum yang digelontorkan juga lebih kecil dibandingkan dengan deposito dan membeli emas Antam, yakni di kisaran Rp 100.000 hingga Rp 500.000.

Dengan tingkat ketentuan dana investasi minimum dan rentang imbal hasil di atas, manakah jenis investasi yang Anda pilih?

Baca Juga  Apakah Pengertian Peer to Peer Lending Itu?

Tinggalkan Balasan

Beberapa negara besar membuang dolar AS

Wow! Investasi Asing Sebesar US$ 163 miliar Akan Guyur RI!

sertifikat halal

Entrepreneurs, Jangan Lupa Membuat Sertifikat Halal ya! Simak Caranya!