in

Wajib Simak 8 Kesalahan dalam Membuat Rencana Dana Pensiun (Part 1)

Apabila kamu sudah mulai mencemaskan dana pensiun sejak dini, Tenang! Kamu tidak sendirian! Namun, dalam hal ini jangan sampai kamu melakukan kesalahan ketika membuat rencana dana pensiun.

Dikutip dari Finansialku, studi Kompas menyebutkan ada kurang dari 10% pekerja yang berada dalam langkah yang benar ketika membuat rencana dana pensiun. Tentu nilai ini tergolong sangat kecil. Lebih dari itu, laporan dari Financial Finesse menunjukkan bahwa 61% dari pekerja tidak tahu apakah simpanan mereka akan cukup untuk menjamin masa pensiun yang bahagia.

Baca juga: Mengenal Penerus Bisnis Imperium Ciputra: ‘Konstitusi Keluarga’

8 Kesalahan dalam Planning Dana Pensiun

Berikut ini merupakan 8 kesalahan dalam merencanakan dana pensiun yang dirangkum dari Finansialku.

1. Estimasi biaya yang terlalu rendah

Pada umumnya, ketika merencanakan dana pensiun, kita perlu mengestimasi berapa biayua yang dibutuhkan ke depannya. Sayang sekali, banyak orang yang gagal merencanakan dana pensiunnya karena estimasi yang tidak sesuai dengan realitasnya.

Dalam menentukan estimasi biaya tersebut ada banyak poin yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari standar hidup, tingkat inflasi, tanggungan, biaya kesehatan tak terduga, dan sebagainya.

Baca Juga  Hendak Investasi Emas? Begini Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

Jadi, perhatikan lebih baik berbagai faktor yang mungkin terjadi saat merencanakan dana pensiun. Lebih banyak dana lebih baik daripada kekurangan di masa pensiun kelak.

Baca juga: Penjualan Xiaomi Melemah, Huawei Menguat

2. Tidak mengerti kebutuhan masa pensiun dan tujuannya

Ketika kamu tidak tahu tujuanmu ketika merencanakan dana pensiun. Maka, tanpa tujuan, kamu akan bingung menentukan jumlahnya dan kembali pada kesalahan poin pertama tadi.

Di sinilah saatnya kamu harus meluangkan sedikit waktu untuk menentukan tujuan dan kebutuhan masa pensiun Anda.

Seperti apa masa pensiun yang akan kamu butuhkan. Apa rencanamu setelah menginjak usia pensiun, dan pertanyaan lainnya yang mengganjal pikiran.

Jadi, mulailah bayangkan beberapa scenario berikut berapa biaya yang kamu butuhkan untuk menghitung kebutuhan dana dalam masa pensiunmu.

Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas 6 kesalahan lainnya ketika menyusun rencana dana pensiun.

Baca juga: Tindakan yang Tepat Untuk Investor Ketika Reksa dana Ditutup

Ditulis Oleh Alif Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *