in

Wajib Simak 8 Kesalahan dalam Membuat Rencana Dana Pensiun (Part 2)

Selain kesalahan-kesalahan yang disebutkan di artikel sebelumnya, berikut adalah kesalahan berikutnya yang bisa kamu hindari  ketika merencanakan dana pensiun yang kami rangkum dari finansialku.

Kesalahan dalam merencanakan dana pensiun

3. Tidak Berinvestasi

Dengan uang investasi kamu bisa merasa aman dan tidak akan kalah dengan adanya inflasi. Selain itu, dengan berinvestasi pertumbuhan uang akan eksponensial dan tentu lebih cepat daripada sekedar menabung.

4. Terlambat merencanakan dana pensiun

Kesalahan umum yang selanjutnya sering dilakukan adalah terlambat dalam merancang dana pensiun. Biasanya perusahaan memiliki inisiatif baik untuk mengikutkan karyawan-karyawannya ke dalam program persiapan pensiun.
Program tersebut dilakukan 1-5 tahun sebelum karyawan tersebut memasuki masa pensiun.
Sayangnya, waktu 1-5 tahun untuk mempersiapkan dana pensiun tentu terlalu singkat. Jadi penting bagi kamu untuk menyadari pentingnya persiapan masa pensiun sejak dini.

5. Tidak Melakukan Review atau Memperbarui Rencana

Poin selanjutnya yang selalu terlewatkan adalah tidak melakukan evaluasi atau dan pembenahan rencana. Padahal dalam praktiknya, kondisi perencanaan dana pensiun seseorang bisa berubah.

Baca Juga  Wajib Dipahami! ini 4 Resiko Investasi Saham

Contohnya, mungkin saja kamu tiba-tiba mendapatkan promosi jabatan yang cepat, sehingga penghasilan bertambah. Atau mungkin saja kamu dikaruniai anak lagi, sehingga pengeluaran bertambah.
Nah, oleh sebab itu penting untuk selalu melakukan review dari rencana keuangan.

Baca juga: Tips Jual Mobil Bekas Agar Harga Tidak Anjlok (Part 2)

6. Tidak Memperkirakan Pengeluaran Tak Terduga

Kesalahan lainnya yang tak luput dari rencana ialah lupa memberi anggaran pada pengeluaran besar. Seperti biaya untuk berlibur, biaya untuk menikahkan anak dan lain sebagainya.

Memang betul ini tidak menjadi kewajibanmu, dan juga bukan kebutuhan primer. Namun banyak kasus dimana orang menjadi berutang di masa pensiunnya karena kejadian semacam ini. Bahkan, ada juga yang rela berhutang demi menikahkan anaknya. Jadi perhitungkan biaya tak terduga semacam ini saat Anda merencanakan dana pensiun ya!

7. Gagal merencanakan dana pensiun

Seperti yang kita tahu, merencanakan dana pensiun merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Agar rencana tersebut benar-benar menjamin kesejahteraan di masa mendatang, mungkin kamu bisa bergantung pada perencana keuangan.

Baca Juga  Investor Reksa Dana Mau Beralih ke Saham? Wajib Simak Ini Dulu! (Part 1)

Mereka akan membuat rencana berdasarkan pendapatanmu saat ini, tujuan, dan alternatif instrumen investasi yang memungkinkan.

Mereka pula yang akan membantumu mencari cara untuk mengalokasikan uang secara maksimal demi mencapai tujuan pensiunmu.

8. Tidak paham akan opsi jaminan pensiunnya

Sebenarnya ada banyak opsi yang akan meringankan bebanmu. Opsi inilah yang akan ikut menyokong kebutuhan dana pensiun kelak.

Jadi, di luar investasi sendiri alias pribadi, terdapat 2 opsi jaminan masa pensiun. Yaitu program pensiun dari perusahaan tempat kamu bekerja dan program pensiun dari pemerintah.

Baca juga: Larangan Mengumbar Gaya Hidup di Medsos, Berapa Sebenarnya Gaji Polisi?

Ditulis Oleh Alif Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *