in

Kaum Muda Harus Mulai Berinvestasi, Mengapa Demikian?

Saat ini, ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh kaum muda atau yang biasa dijuluki kaum milenial. Berbagai bidang sengaja dikembangkan seolah-olah hanya anak muda yang bisa menggunakannya. Namun, sebagian besar anak muda belum terbiasa mempersiapkan keuangan untuk masa depan mereka dengan berinvestasi. Umumnya, anak muda tidak terlalu peduli dengan bagaimana keuangan mereka di masa depan. Tetapi bagi Anda yang sudah menyadari betapa pentingnya keuangan masa depan, Anda tentu memahami betapa pentingnya investasi. Diterjemahkan dari laman Business Today, berinvestasi adalah tindakan memberikan uang atau modal untuk suatu usaha, dengan harapan memperoleh pendapatan atau laba tambahan. Maka, kaum muda atau milenial harus mulai berinvestasi sesegera mungkin.

Yuk simak 5 alasan ini mengapa kaum muda harus mulai berinvestasi:

Menciptakan Sumber Daya Keuangan Baru

Dengan berinvestasi, Anda dapat membuat sumber keuangan baru karena berinvestasi memungkinkan Anda untuk menambah nilai pada uang Anda. Saat Anda menabung, yang notabene uang Anda akan diam dan tidak menambah nilai. Sebaliknya, berinvestasi membuat nilai uang Anda meningkat.

Baca Juga  Simak Investasi yang Cocok Untuk Penikmat Zona Nyaman !

Ketika dana investasi Anda menghasilkan bunga, bunga itu adalah keuntungan Anda. Pada akhirnya, Anda bisa mendapatkan sumber keuangan baru sebagai sumber penghasilan Anda.

Mewujudkan Tujuan Keuangan

Ada saat-saat ketika Anda merumuskan rencana keuangan untuk merealisasikan tujuan finansial itu sendiri, seperti membeli rumah di masa depan, mendanai biaya sekolah anak-anak, dan memulai bisnis. Investasi dapat membantu Anda mewujudkan berbagai tujuan keuangan ini.

Jika uang Anda menghasilkan pengembalian bunga daripada tabungan Anda, maka Anda akan menghasilkan uang ekstra dalam jangka panjang dan pendek. Pengembalian investasi yang Anda dapatkan dapat digunakan untuk mewujudkan tujuan keuangan ini.

Biarkan Uang Berfungsi untuk Anda

Ketika Anda muda, fokus Anda lebih sering dibagi untuk melakukan banyak hal, melakukan kegiatan di berbagai bidang. Sambil berfokus pada hal-hal lain seperti melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau sambil membangun karier, Anda dapat mulai berinvestasi sehingga uang bekerja untuk Anda.

Ketika Anda menabung atau hanya memegang uang Anda, uang yang Anda simpan tidak akan bekerja untuk Anda dan uang Anda tidak akan bertambah nilainya dari apa yang telah Anda tabung.

Baca Juga  Beli Rumah? Ini 4 Keuntungan KPR yang Perlu Diketahui

Mempersiapkan Dana Pensiun

Kebanyakan anak muda mungkin tidak terlalu memikirkan dana pensiun karena masih sangat lama manfaatnya dapat dirasakan. Namun, Anda harus segera menyiapkan dana pensiun karena Anda tidak akan bekerja selamanya.
Jika Anda berinvestasi mulai sekarang, Anda dapat menikmati dana investasi dan manfaat saat Anda pensiun nanti. Nilai uang Anda akan terus tumbuh seiring waktu.

Jangka Panjang

Orang berinvestasi untuk mendapatkan lebih banyak uang dengan nilai lebih tinggi di masa depan daripada nilai yang mereka miliki saat ini. Masa depan bisa kapan saja, apakah itu dalam beberapa minggu ke depan, dalam beberapa bulan ke depan, bahkan bertahun-tahun ke depan.

Investasi bukanlah jenis sumber pendapatan yang dapat Anda andalkan untuk waktu yang singkat. Namun, Anda harus membiarkan nilai uang meningkat dari waktu ke waktu sehingga Anda dapat memanfaatkannya.

Bagi kaum muda, yang tentu memiliki berbagai kegiatan yang membuat mereka sibuk dengan berbagai kegiatan, Anda dapat fokus pada hal-hal lain sambil mendapatkan sumber pendapatan baru dan di sisi lain, menikmati proses peningkatan nilai uang.

Baca Juga  Bursa Efek Indonesia, Efek, Belajar Investasi Yuk!

Baca juga: 7 Risiko Investasi Yang Wajib Anda Ketahui (1)

Tinggalkan Balasan

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 12 Desember 2019

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 20 Desember 2019

Jenis Investasi Terbaik untuk Masa Depan Gemilang