in

Apa itu Aset Investasi Safe Haven?

aset safe haven

Safe haven adalah aset investasi yang mempunyai tingkat risiko rendah, ketika perekonomian global tidak menentu atau ada gejolak geopolitik. Masalahnya adalah, suatu jenis investasi safe haven adalah safe haven, hingga jenis investasi tersebut tidak lagi safe haven.

Maksudnya, aset safe haven adalah aset yang digunakan sebagai pelarian saat kondisi ekonomi global dianggap sedang tak aman. Jadi, dalam kondisi tertentu, aset safe haven bisa saja tak lagi menjadi aset safe haven ketika kondisi sudah dianggap aman.

Safe Haven Currency adalah mata uang dimana para investor dan trader sangat yakin terhadap mata uang tersebut karena alasan nilainya lebih stabil dari mata uang lainnya di masa depan. Ketidakpastian ekonomi, inflasi dan krisis ekonomi lainnya diyakini tidak terlalu mempengaruhi mata uang safe haven.

Pada umumnya, mata uang safe haven adalah mata uang dari negara-negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat stabil, sehingga mata uang tersebut tahan terhadap krisis ekonomi apapun. Pada masa krisis, investor yang memiliki dana berlimpah akan berusaha selalu mencari mata uang safe haven sehingga dana mereka tidak akan terlalu berkurang banyak.

Baca Juga  Keuntungan dan Kerugian Investasi Asuransi Unit Link

Contoh save haven adalah emas (XAU), AS (USD), Jepang Yen (JPY) dan Franc Swiss (CHF).

Waktu Untuk Berinvestasi Ke Aset Safe Haven

Menentukan waktu untuk berinvestasi ke aset safe haven barangkali adalah sebuah keputusan yang sulit. Setelah berakhirnya krisis finansial global, pasar akan rebound dan saatnya Anda masuk. Akan tetapi ketika terjadi resesi, Anda bisa kembali melirik aset-aset safe haven.

Dalam menentukan waktu untuk berinvestasi aset safe haven, Anda sebaiknya memperhatikan juga siklus ekonomi suatu negara dari aset yang diincar. Anda tidak harus beralih ke aset safe haven hanya ketika keadaan ekonomi tidak menentu.

Jika Anda melakukan diversifikasi dengan baik pada aset-aset Anda, maka aset safe haven dapat juga dimasukkan ke portofolio. Hal itu karena safe haven tetap bisa profitable, baik ketika kondisi ekonomi sedang ekspansi maupun ketika sedang tidak menentu.

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 27 Januari 2020

REVIEW BROKER: PT Solid Gold Berjangka

Keuntungan Trading di Broker Solid Gold Berjangka