in

 Bagaimana Langkah Awal Membeli Saham?

Langkah Awal Membeli Saham
(C) shutterstock

Siapapun boleh membeli saham yang diperdagangakan di bursa, selama punya dana yang cukup untuk membeli saham yang di inginkan. Mau Pelajar,Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, Artis, Pengusaha bahkan Asisten Rumah Tangga dapat berinvestasi saham.

Dalam dunia saham, sangat tidak dibatasi oleh status sosial sang investor. Yang paling penting adalah cukup modal dan Anda dapat menjadi seorang investor. Artinya, sipapun dapat berinvestasi saham baik itu sariah maupun konvensional

Langkah Awal Membeli Saham

Sebelum membeli saham, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membuka rekening efek terlebih dahulu di perusahaan sekuritas. Rekening ini kalau di bank disebut Sub Rekening Atau rekening khusus hanya untuk transaksi jual beli saham saja.

Kini bank syariah pun telah ada yang di tunjuk sebagai Bank Administrator Rekening Dana Nasabah (RDN) yaitu BCA Syariah & Bank Mandiri Syariah. Tapi Anda tidak bisa buka rekening efek di bank tersebut karena harus melalui perusahaan sekuritas terlebih dahulu.

Syaratnya cukup mudah lho, apabila sudah memiliki KTP dan buku tabungan semua bisa atas nama sendiri dan tanpa NPWP. Untuk investor yang masih menjadi pelajar dan mahasiswa, ini adalah syarat yang mudah bukan?

Baca Juga  7 Tips Dalam Memilih Asuransi Unit Link

Anda tinggal isi form rekening efek dan siapkan materai 6000. Proses yang dibutuhkan juga tidak lama, 5 hari bursa biasanya rekening sudah aktif.

Setelah rekening aktif Anda dapat melakukan transfer saldo minimum sebesar Rp 100.000 di bebarapa perusahaan sekuritas yang memberikan fasilitas minimum saldo hanya Rp 100.000 saja.

Selain itu kita juga hanya pelu mengeluarkan biaya komisi broker disaat setiap melakukan pembelian dan penjualan saham yaitu kira kira sebesar 0,15% untuk komisi pembelian dan 0,25% untuk komisi penjualan lho. Gimana makin tertarik kan.

Berinvestasi dalam pasar modal syariah di khususkan dunia saham hal ini apabila dibandingkan dengan Anda membuka warung kelontong dirimu memerlukan modal lebih dari 500 ribu, Hal tersebut belum termasuk sewa lapak, belum beli paku bikin lemari, belum buat stok barangnya. Sehingga kini banyak yang beralih sebagai investor saham syariah ataupun pedagang saham syariah yang bisa di kenal trader saham syariah sudah barokah menguntungkan pula.

Baca juga: Pemula, Wajib Tahu Keuntungan dan Risiko Bermain Saham IPO !

Baca Juga  3 Macam Cryptocurrency yang Wajib Diketahui

Waktu Yang Efisien Dalam Trading

REVIEW BROKER: PT Didi Max Berjangka

Keuntungan Trading di Broker Didimax Berjangka