in

Pahami Hal Berikut Ini Sebelum Berinvestasi

Berinvestasi itu gampang-gampang susah. Agar bisa mendapatkan retrun maksimal, pahami hal berikut ini sebelum berinvestasi.

Bukan hanya perlu melakukan riset untuk memastikan aset investasi itu benar-benar berpotensi membuahkan profit, melainkan juga mempelajari teknikal agar tahu kapan entry dan exit pasar yang tepat. Sebenarnya masih ada lagi beberapa hal lain yang perlu dipahami agar investasi sukses, dimanapun kita berkecimpung.
Berikut ada lima hal yang perlu dipahami sebelum berinvestasi agar investasi sukses.

1. Tak kenal maka harus dikenal

Seringkali orang awam dengan dunia investasi tergiur oleh iming-iming marketing. Ini adalah kebodohan fatal. Anda boleh saja tergiur pada sebuah penawaran investasi sukses, tetapi jangan pernah menyepakati deal di tempat.
Pelajari seluk beluk investasi tersebut. Bila itu berkaitan dengan menitipkan dana pada pihak lain, pastikan itu legitimate.

2. “Berpengaruh” bukanlah “Kolerasi Sempurna”

Dalam berita-berita tentang dunia investasi finansial, sering kali disebutkan suatu hal terjadi karena A atau B. Seperti halnya melempar koin sembilan kali keluar kepala, ketika dilempar lagi unutk kesepuluh kalinya, apakah pasti akan keluar kepala juga? tentu tidak. Penting untuk mengetahui fundamental suatu aset, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhinya. Namun jangan anggap itu sebagai ilmu pasti.

Baca Juga  Investasi emas batangan atau perhiasan. Mana yang Lebih Cuan?

3. Satu-satunya yang pasti adalah ketidakpastian

Sebagai investor, kita tidak perlu ambil pusing soal ketidak pastian. Cukup berfokus pada hal-hal yang pasti-pasti saja dan bisa kita ikuti. Dalam berinvestasi, kerugian itu wajar.
Jelas tidak menghalangi banyak orang untuk sukses asalkan menerapkan diversifikasi dan money management dengan tepat.

4. Tak ada yang bisa mengontrol pasar

Bagi pelaku investasi kecil-kecilan seperti kebanyakan orang, rasa “bisa mengendalikan pasar” itu hanyalah ilusi. Jadi, seandainya suatu ketika berkali-kali profit, jangan lantas jadi jumawa.
Karena satu-satunya yang pasti adalah ketidak pastian, dan tak ada yang bisa mengontrol pasar.

5. Kebiasaan perlu diubah secara perlahan

Belajarlah untuk selalu memperhitungkan apakah sesuatu itu “worth it” atau tidak. Risiko rugi selalu ada. Pengukuran ini merupakan salah satu kunci investasi sukses.

Rubahlah kebiasaan-kebiasaan bawaan yang sama sekali tidak akan membantu anda untuk meraih kesuksesan dalam berinvestasi. Selamat berinvetasi dan semoga sukses!

Baca juga artikel berikut ini: Apa itu Aset Investasi Safe Haven?

Baca Juga  Apakah Mahasiswa Bisa Melakukan Trading Saham?
investasi safe haven

4 Investasi Safe Haven Selama Corona Belum Mereda

Anda Pilih Mana, Trading Atau Investasi?