in

Bagaimana Proporsi Investasi Emas yang Ideal?

Proporsi Investasi Emas yang Ideal
5 Cara Investasi Emas Batangan yang Menguntungkan

Bagi investor yang sudah berpengalaman, memiliki produk investasi safe haven menjadi salah satu hal yang cukup penting. Salah satu aset safe haven yaitu emas batangan. Komoditas ini sudah sangat familiar di masyarakat Indonesia.

Kelebihan investasi emas batangan adalah nilainya tidak terlalu terpengaruh oleh inflasi dan deflasi. Saat pasar modal tidak menentu, investor cenderung memilih berinvestasi pada aset safe haven.

Proporsi Investasi Emas yang Ideal

Dari CEO & Kepala Strategi Investasi OmniScience Capital, Vikas Gupta, porsi ideal dalam investasi emas bagi investor dengan penghasilan tetap, proporsi yang pas adalah tidak lebih dari 10 persen logam mulia dalam portofolionya. Sementara, bagi investor yang memiliki pendapatan stabil atau tetap, mereka boleh menempatkan lebih dari 2-5 persen logam mulia dalam portofolionya.

Investasi Emas Sesuai Kebutuhan

Berdasarkan pandangan dari beberapa ahli sebagaimana ulasan di atas, komoditas emas tetap menjadi pilihan produk investasi Anda. Namun, Anda sebaiknya tidak memilih emas sebagai produk investasi satu-satuya. Anda dapat memasukkan emas dalam portofolio sesuai dengan proporsi yang ideal. Hiasi portofolio Anda dengan rencana investasi yang sistematis dan terencana.

Baca Juga  Investasi Sepatu Sneakers, Apa Bisa?

Anda dapat mendiversifikasi investasi Anda seperti investasi pada reksadana, saham, produk investasi dengan pendapatan tetap seperti deposito, obligasi negara serta jenis investasi lainnya. Dengan begitu, Anda dapat return positif dalam investasi.

Saat ini, perkembangan teknologi mempermudah cara investasi emas. Kini Anda dapat berinvestasi emas online, yang diperdagangkan melalui bursa emas, reksadana, dan obligasi negara. Dibandingkan emas fisik, metode investasi emas online ini lebih hemat biaya dan liquid.

Namun sebaliknya, menurut Pendiri Srujan Financial Advisors, Deepali Sen, emas adalah salah satu jenis investasi yang tidak menarik. Bagi Anda yang benar-benar ingin berinvestasi emas, ia menyarankan Anda dapat mengalokasikan dana pada emas dengan proporsi tidak lebih dari 5-6 persen dalam portofolio. Emas dapat menjadi pilihan sebagai diversifikasi portofolio saja. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko investasi Anda.

Baca juga: Hendak Investasi Emas? Begini Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

kenaikan nilai rupiah

2 Faktor yang Mempengaruhi Kenaikan Nilai Rupiah Hari ini

Daftar Alamat Kantor Broker di Surabaya

Daftar Alamat Kantor Broker di Surabaya