in ,

5 Keuntungan Besar Investasi Obligasi

Keuntungan Besar Investasi Obligasi
Photo by Austin Distel on Unsplash (www.distel.co)

Investasi obligasi memiliki keuntungan besar di masa depan. Investasi obligasi adalah jenis investasi yang berupa surat utang. Obligasi akan diterbitkan oleh pemerintahan atau perusahaan dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Jika seorang investor melakukan investasi obligasi, maka debitur (perusahaan atau pemerintahan) memiliki hutang terhadap investor. Utang tersebut memiliki jumlah dan jatuh tempo sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

Debitur juga akan membayarkan dengan bunga atau kupon kepada investor setiap bulannya. Investasi obligasi termasuk investasi yang aman dan menghasilkam profit yang cukup bagus.

Setelah mengetahui apa itu investasi obligasi, berikut adalah keuntungan dari melakukan investasi tersebut menurut koinworks.com.

Keuntungan Besar Investasi Obligasi

  1. Investor akan mendapatkan kupon atau bunga secara periodik. Bunga atau kupon akan diberikan debitur kepada investor setiap bulan, setiap tiga bulan atau setiap enam bulan. Kupon yang diberikan bisa jadi adalah kupon tetap (fixed) atau kupon mengambang/tidak tetap (floating).
  2. Investor akan mendapatkan keuntungan disaat obligasi dijual ke investor umum. Ketika investor menjual surat obligasinya ke investor umum, seorang investor bisa memperoleh capital gain atau keuntungan. Keuntungan ini bisa dihitung dari selisih harga penjualan surat obligasi dan harga pembelian surat obligasi.
  3. Utang pasti dibayarkan dan ditambah dengan return yang berupa kupon. Jika seorang investor melakukan investasi obligasi negara, investor tidak perlu takut uangnya tidak kembali. Hal ini dijamin dengan UU No. 24 Tahun 2002 Tentang Surat Utang Negara. Terlebih lagi ada juga UU No. 19 Tahun 2008 Tentang Surat Berharga Syariah Negara yang bakal menjamin keamanannya.
  4. Laba kupon obligasi lebih profitable daripada laba deposito. Laba dari kupon yang didapat ada di atas laba deposito, oleh karena itu banyak investor memilih investasi ini.
  5. Surat utang bisa digunakan sebagai jaminan. Surat utang atau obligasi bisa digunakan untuk jaminan pinjaman di bank. Lebih lagi, surat ini juga bisa dibuat untuk membeli saham di bursa efek.
Baca Juga  Investasi dan Spekulasi, Apa Perbedaannya? (3)

Dengan mengetahui keuntungan ini apakah anda siap berinvestasi obligasi?

memilih Investasi Ala Lo Kheng Hong

7 Kiat Memilih Investasi Ala Lo Kheng Hong

5 Investasi booming

Tipe Obligasi Berdasarkan Penerbit yang Harus Diketahui