in

4 Investasi Risiko Rendah yang Pemula Harus Tahu!

Investasi Rendah Risiko
Picture by nosheep on Pixabay

Belakangan ini, makin banyak jenis investasi yang ada. Investasi tersebut memudahkan para investor pemula untuk mendapatkan keuntungan. Banyak calon investor pemula yang merasa kebingungan memilih investasi karena takut merugi dan berpikiran bahwa berinvestasi perlu banyak uang. Padahal banyak sekali investasi untuk pemula yang memiliki risiko yang rendah. Bahkan investor pemula hanya memerlukan beberapa ratus ribu rupiah untuk terjun ke investasi tersebut.

Sudah barang tentu ketika melakukan investasi dengan risiko rendah, cuan yang didapat juga kecil. Namun, hal ini jauh lebih baik daripada tidak melakukan investasi sama sekali. Dengan melakukan investasi tersebut, seorang investor pemula bisa belajar sembari berinvestasi. Bahkan kemungkinan untuk berinvestasi di investasi tinggi risiko juga muncul. Berikut adalah jenis investasi minim risiko untuk pemula yang harus diketahui.

Investasi Risiko Rendah Untuk Pemula

  1. Reksa Dana Pasar Uang. Investor pemula pasti sering sekali mendengar akan reksa dana. Hal ini dikarenakan reksa dana memiliki risiko yang cukup rendah dibanding investasi lainnya. Investasi reksa dana memiliki berbagai macam, dan untuk investor pemula sebaiknya memilih reksa dana pasar uang. Hal ini dikarenakan sebagian dana yang ada akan dialokasikan ke deposito atau surat berharga lain yang memiliki jatuh tempo dibawah satu tahun. Keuntungan yang didapat memang cukup kecil, tetapi masih diatas deposito.
  2. Peer-to-Peer Lending. Investasi ini cocok untuk investor pemula yang ingin mempelajari fundamental investasi. Peer-to-peer lending (P2P lending) adalah tempat yang menghubungkan pendana dan peminjam untuk saling mewujudkan target keuangan masing-masing. Pendana memiliki kesempatan untuk meminjiamkan uang ke peminjam. Modalnya bervariasi, namun biasanya berkisar di rentang ratusan ribu rupiah. Akan tetapi, investor harus mencari tempat P2P lending yang diawasi oleh OJK untuk mengurangi risiko kerugian.
  3. Emas. Walaupun investasi ini sudah di lakukan sejak dulu, investasi ini mempunya risiko yang kecil dan cukup aman untuk investor pemula. Investasi ini cocok untuk investor yang ingin melakukan investasi diatas 5 tahun. Akan tetapi investor harus berhati-hati karena ada oknum yang menawarkan emas palsu.
  4. Obligasi Milik Pemerintah. Obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan debitur (perusahaan atau negara). Untuk obligasi dengan risiko rendah, investor pemula bisa memilih Obligasi milik pemerintah atau ORI. Investor hanya perlu membutuhkan Rp1 juta sebagai modal. Imbal hasil yang ditawarkan juga cukup menarik. Untuk ORI015 bisa mendapatkan kupon sejumlah 8,25% per tahun untuk jangka waktu 3 tahun. Terlebih lagi pembayaran kupon yang dijamin negara membuat investasi ini menjadi investasi rendah risiko.
Baca Juga  8 Pertimbangan Penting dalam Memilih Broker Emas (part 1)

Bagaimana, cukup murah dan mudah bukan? Para investor pemula, sudah siap melakukan investasi mulai sekarang?

 

Investasi Jangka Panjang

Apakah Socially Responsible Investment Itu?

Pilihan Investasi

Apakah Pengertian Peer to Peer Lending Itu?