in

Apakah Pengertian Peer to Peer Lending Itu?

pengertian Peer to peer lending
Photo by Freshh Connection on Unsplash

Peer to Peer Lending atau P2P Lending adalah jenis investasi yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan di kalangan masyarakat. Dalam P2P Lending, ada dua pendekatan yang harus diketahui oleh anda. Pendekatan sebagai peminjam atau sebagai investor. Walaupun disebutkan ada dua jenis peran di P2P Lending, keduanya memiliki manfaat sendiri untuk hal finansial. Lalu apakah pengertian Peer to Peer Lending tersebut?

Peer-to-Peer Lending bukanlah investasi yang bebas risiko. Di investasi ini  investor harus perlu cermat dan berhati-hati dalam melaksanakan investasi ini. Akan tetapi, Jika investor paham akan sistem kerja dan hal-hal fundamental yang ada di dialamnya, keamanan akan lebih terjamin. Berikut adalah penjelasan akan investasi ini menurut koinworks.com.

Pengertian Peer-to-Peer Lending

P2P Lending untuk investor adalah metode peminjaman dana terhadap bisinis atau individu. Sedangkan untuk peminjam adalah pengajuan pinjaman yang digunakan untuk keperluan bisnis atau individu. Pada dasarnya P2P Lending adalah pasar penghubung antara investor dan peminjam secara online.

P2P Lending memberikan kesempatan setiap orang untuk mengajukan pinjaman atau memberikan pinjaman. Pinjaman tersebut bisa digunakan untuk berbagai alasan tanpa adanya jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai pihak ketiga atau perantara. Namun harus diingat, investor harus mencari fintech yang sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua peraturan untuk investasi ini juga diatur oleh Peraturan OJK (POJK).

Baca Juga  Wujudkan Mimpi Anda melalui Investasi

Konsep P2P Lending mirip sekali dengan marketplace online. Dimana disediakan tempat untuk pertemuan antara penjual (peminjan) dan pembeli (investor).

Sistem P2P Lending adalah mempertemukan antara pihak peminjam dan piham pemberi pinjaman (investor). Jadi P2P Lending juga bisa disebut sebagai marketplace untuk melakukan kegiatan pinjam meminjam secara online.

Hal ini menjadi alternatif karena terkadang adanya proses yang cukup ribet disaat melakukan pinjaman di lembaga resmi seperti bank atau koperasi. Peer-to-peer lending menjadi jalan alternatif untuk melakukan pinjaman yang sama-sama didukung oleh orang awam pengguna sistem P2P. Oleh sebab itu sistem ini disebut sebagai peer-to-peer.

Investasi Rendah Risiko

4 Investasi Risiko Rendah yang Pemula Harus Tahu!

Investasi Prinsip Pareto

Bagaimana Sistem Peer to Peer Lending Bekerja?