in

Bagaimana Sistem Peer to Peer Lending Bekerja?

Investasi Prinsip Pareto
Picture by Tumisu on Pixabay

Sistem kerja Peer to Peer Lending  atau P2P Lending bisa dikatakan cukup berbeda dengan jenis investasi lain. Di dalam investasi ini terdapat dua peran, yaitu peminjam dan pemberi pinjaman atau investor. Investasi ini bisa memberikan benefit untuk finansial kedua belah pihak.

Akan tetapi kedua belah pihak harus berhati-hati dalam memilih fintech yang menyediakan peer to peer lending. Pilihlah fintech yang sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan atau OJK untuk meminimalisir risiko.

Dalam P2P Lending, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan investasi atau mengajukan pinjaman. Secara fundamental, sistem P2P lending cukup mirip dengan marketplace online. Investasi ini menjadi wadah untuk para penjual (peminjam) dan pembeli (investor) untuk melakukan transaksi. Dapat disimpulkan bahwa P2P Lending adalah marketplace untuk melakukan kegiatan pinjam meminjam uang. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan bagaimana sistem P2P lending bekerja menurut koinworks.com.

Sistem Kerja Peer to Peer Lending

  • Peminjam
    Sebelum melakukan pinjaman, peminjam harus mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk proses pinjaman online. Dokumen tersebut antara lain adalah laporan keuangan dan alasan melakukan pinjaman online.
    Setelah melakukan pengunggahan, dokumen-dokumen terssebut akan diperiksa oleh pihak fintech dan permohonan peminjaman bisa diterima atau ditolak.
    Jika diterima, fintech akan menerapkan suku bunga pinjaman dan pengajuan pinjaman tersebut akan ditaruh di marketplace supaya investor dapat melihat.
    Jika ditolak, ppeminjam harus memperbaiki dulu semua faktor yang menjadi penolakan permohonan peminjaman.
  • Investor
    Investor memiliki akses untuk melihat data-data pengajuan pinjaman yang ada. Data-data yang bisa dilihat antara lain adalah tujuan peminjaman, alasan peminjaman, riwayat keuangan, dan lain sebagainya.
    Jika investor sudah menetapkan akan mendanai pinjaman tersebut, investor bisa langsung mengeluarkan deposit sesuai tujuan investasi. Peminjam akan membayar cicilan dana pinjaman setiap bulannya dan investor akan mendapatkan cuan berupa pokok dan bunga. Besarnya bunga yang didapat tergantung akan investasi suku bunga pinjaman.
Baca Juga  Deposito Atau ORI, Mana yang Lebih Menguntungkan?
pengertian Peer to peer lending

Apakah Pengertian Peer to Peer Lending Itu?

Plus Minus Peer to Peer Lending

Plus Minus Peer to Peer Lending Untuk Peminjam