in

5 Investasi Jangka Panjang Untuk Hari Tua

Investasi Jangka Panjang
Picture by Nattanan23 on Pixabay

Investasi memiliki jenis yang bermacam-macam seperti investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Jika anda melakukan investasi, selain mengamankan uang, nilai uang di masa depan juga bisa meningkat.

Pada dasarnya investasi jangka panjang dilakukan oleh investor yang mempunyai keinginan untuk meningkatkan nilai mata uangnya di masa depan. Jika dilihat dari jangka waktunya, investasi jini bisa memakan waktu lebih dari 5 tahun. Oleh karena itu, semakin dini melakukan investasi, cuan yang di dapat juga akan bertambah.

Berikut adalah 5 Investasi jangka panjang yang untuk hari tua anda menurut koinworks.com.

5 Investasi Jangka Panjang Untuk Hari Tua

  1. EmasSudah bukan rahasia lagi jika emas merupakan salah satu investasi yang memberikan keuntungan cukup besar. Banyak pakar yang mengklaim kalau investasi emas lebih stabil dari nilai mata uang. Maka dari itu, instrumen ini menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang yang cukup banyak dicari. Cara investasi juga cukup mudah, yaitu membeli emas di toko pilihan, setelah itu simpan emas dengan baik di rumah. Namun, ketika membeli emas anda harus berhati-hati karena ada oknum yang menjual emas palsu.
  2. Saham Bluechip. Saham adalah surat bukti penyertaan atau kepemilikan seseorang akan sebuah perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan mempunyai saham, anda berhak atas dividen atau pembagian laba perusahaan secara berjangka. Saham bluechip sendiri adalah saham unggulan yang mempunyai angka kapitalisasi besar. Biasanya angka kapitalisanya ada di atas Rp40 triliun. Saham bluechip adalah saham yang memiliki reputasi bagus di industrinya dan mempunyai income stabil setelah memberikan dividen. Saham memiliki risiko yang cukup tinggi, maka dari itu ada sebaiknya anda mempelajari analisis fundamental dan analisis teknikal saham.
  3. Tabungan Berjangka. Tabungan berjangka berbeda dengan tabungan biasa. Tabungan ini akan memaksa anda menabung secara berkala sesuai dengan perjanjian di awal. Bunga tabungan berjangka memang lebih tinggi, namun anda tidak bisa mencairkan uang tersebut kapan saja. Uang tersebut hanya bisa dicairkan sesuai dengan perjanjian di awal.
  4. Reksa Dana SahamReksa dana menjadi investasi berikutnya yang bisa dipertimbangkan. Reksa dana memiliki 4 jenis, yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. Reksa dana cocok untuk investor yang ingin berkecimpung di dunia saham namun masih belum paham akan seluk beluk saham. Dalam reksa dana anda akan dibantu oleh Manajer Investasi (MI) untuk memilih produk saham terbaik. Sama dengan investasi saham, reksa dana ini termasuk investasi high risk high return. Oleh karena itu anda harus lebih berhati-hati dalam memilih investasi ini.
  5. Properti. Instrumen ini banyak dipilih oleh investor sejak dulu karena harga tanah pasti akan naik setiap tahunnya. Investasi memiliki untuk mengalami peningkatan hingga 20 persen tiap tahun. Akan tetapi banyak investor muda yang enggan berinvestasi properti. Hal ini dikarenakan investasi ini butuh modal yang besar, namun return yang diberikan akan besar pula.
Baca Juga  Mengenal Trading Emas Online Di Pasar Forex

 

emotional Investing

4 Kiat Menghindari Emotional Investing Biar Nggak Ambyar

Menyiapkan dana darurat

5 Kiat Menyiapkan Dana Darurat