in

5 Tips Jitu Agar Terbiasa Berinvestasi

Saham Pilihan Pada Pembukaan Perdagangan
Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Berinvestasi adalah hal yang sebaiknya dilakukan sejak dini. Jika anda tidak memiliki hutang dan memiliki kondisi finansial yang sehat, mulailah mempersiapkan dana untuk investasi. Memang sulit untuk memulai investasi, mengingat adanya risiko dan kurangnya ilmu tentang investasi tersebut. Namun jika anda bisa segera melakukan investasi, keuntungan yang didapatkan dalam berinvestasi jangka panjang juga makin besar. Berikut adalah 5 tips jitu agar terbiasa berinvestasi seperti yang dilansir dari koinworks.com.

5 Tips Jitu Agar Terbiasa Berinvestasi

  1. Pelajari Manfaat dan Target Berinvestasi. Sebelum melakukan investasi, ada baiknya anda mempelajari plus minus dari tiap investasi. Selain itu anda juga harus mempelajari bagaimana efek investasi tersebut terhadap kehidupan keuangan anda. Jika kedua hal tersebut sudah dipelajari, menentukan target investasi menjadi jauh lebih mudah. Dengan menentukan target tersebut, anda juga lebih mudah dalam memilih jenis investasi yang cocok untuk kebutuhan anda.
  2. Tentukan Nominal Investasi. Setelah mempelajari manfaat dan target berinvestasi, anda bisa mempersiapkan seberapa banyak dana investasi yang siap dikeluarkan tiap bulannya. Anda bisa mengatur seberapa banyak dana yang diinvestasikan berdasarkan persentase. Semisal anda mempunyai gaji sebanyak Rp5.000.000. Anda bisa menyisihkan Rp1.000.000 untuk melakukan pendanaan. Dari Rp1.000.000 anda bisa mengalokasikan Rp500.000 untuk investasi dan Rp500.000 untuk mempersiapkan dana darurat. Akan tetapi yang perlu diingat adalah jangan sampai nominal tersebut memberatkan kehidupanmu sehari-hari.
  3. Pilih Instrumen Investasi. Dari target dan nominal yang sudah ditentukan, anda bisa memilih instrumen investasi yang tepat untuk anda. Akan tetapi anda harus paham akan cara kerja, risiko, dan potensi dari investasi tersebut. Jangan sampai anda harus kehilangan uang anda karena anda terlalu terburu-buru dalam melakukan investasi.
  4. Coba Tambahkan Nominal Investasi. Jika anda sudah menentukan jumlah nominal investasi yang akan dilakukan tiap bulannya, anda bisa mencoba untuk menambahkan jumlahnya. Akan tetapi hal ini harus direncanakan dengan matang dan jangan sampai anda harus berhutang untuk melakukan investasi.
  5. Fokus. Hal yang harus dilakukan agar terbiasa berinvestasi adalah fokus. Jangan sampai anda berhenti melakukan investasi karena uang yang anda alokasikan digunakan untuk membeli barang yang tidak penting. Anda harus ingat bahwa inflasi itu pasti terjadi. Oleh karena itu berusahalah terus untuk meningkatkan nilai uang yang anda miliki.
Baca Juga  KPK Meminta BUMN Untuk Lebih Waspada Terhadap China
6 Tips Menabung dana Investasi

3 Investasi Jangka Pendek yang Profitable

5 Kiat Finansial yang Wajib Diketahui

5 Kiat Finansial yang Wajib Diketahui