in

4 Investasi Terbaik di Tengah Pandemi Corona

Investasi saat corona
Photo by Big Dodzy on Unsplash

Virus Corona sudah menjadi momok bagi para investor dalam beberpa bulan terakhir ini. Virus ini adalah faktor yang menyebabkan perekonomian global menjadi gonjang-ganjing. Hal tersebut dapat dilihat dari merosotnya nilai emiten saham di berbagai faktor. Hal tersebut membuat banyak investor, terutama investor pemula, menjadi ragu untuk berinvestasi. Padahal investasi masih aman dilakukan jika anda lebih berhati-hati dalam memilih instrumen investasi. Berikut adalah 4 investasi terbaik di tengah pandemi Corona seperti yang dilansir dari koinworks.com.

4 Investasi Terbaik di Tengah Pandemi Corona

  1. Surat Utang Negara (SUN). SUN adalah instrumen investasi yang dirilis oleh pemerintah Indonesia untuk warga Indonesia. SUN adalah salah satu investasi yang cocok dilakukan karena investasi ini dijamin oleh negara. Maksud dari dijamin oleh negara adalah kemungkinan untuk gagal bayar dan mengalami kerugian dalam berinvestasi sangatlah kecil. Jenis SUN yang cocok dilakukan di tengah pandemi Corona adalah Saving Bond Ritel (SBR), Obligasi Ritel Indonesia (ORI), dan Sukuk Ritel (SR). SUN juga memiliki modal investasi yang cukup kecil, yaitu dimulai dari Rp1 juta saja. SUN memiliki sifat yang sama dengan tabungan yaitu tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Anda juga harus menyimpan SUN hingga jangka waktu yang ditentukan, setelah itu anda baru bisa mencairkan surat ini.
  2. Properti. Investasi properti adalah salah satu investasi yang paling viable di tengah masa pandemi, walaupun dana yang dibutuhkan untuk memulai cukuplah besar. Properti dinilai cocok karena sifatnya yang tidak mudah likuid sehingga lebih stabil dalam menghadapi gonjang-ganjing ekonomi yang terjadi. Selain itu properti adalah salah satu investasi jangka panjang yang paling profitable. Namun anda harus hati-hati karena nilai bangunan anda tergantung dari lokasi, kondisi bangunan, dan lain sebagainya.
  3. Reksa Dana Pasar Uang. Reksa dana pasar uang adalah salah satu investasi yang cocok karena virus Corona sudah ‘menginfeksi’ reksa dana saham dan campuran. Selain itu jenis reksa dana ini juga memiliki kinerja yang cukup stabil sejak awal 2020. Oleh karena itu investasi ini adalah salah satu investasi yang cocok di tengah masa pandemi.
  4. Emas. Emas adalah investasi pilihan di masa pandemi karena emas memiliki risiko yang sangat kecil dan imbal balik yang diterima juga cukup menjanjikan. Harga emas juga lebih stabil daripada jenis investasi yang lain. Akan tetapi hal yang harus diingat ketika berinvestasi emas adalah investasi ini adalah investasi jangka panjang dan keuntungan yang didapatkan akan maksimal jika investasi tersebut sudah dilakukan dalam 5 tahun lebih.
Baca Juga  Investasi Saham: Pengertian dan Jenisnya
Cara Menjadi Mitra Waralaba McDonald's Indonesia

Cara Menjadi Mitra Waralaba McDonald’s Indonesia

Berikut adalah 5 faktor yang mempengaruhi harga emas

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas