in

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

Berikut adalah 5 faktor yang mempengaruhi harga emas nilai global antam naik menurun
Picture by hamiltonleen on Pixabay

Banyak orang yang suka berinvestasi emas karena emas adalah salah satu investasi yang cukup aman. Selain itu harga emas yang stabil juga menjadi faktor mengapa jenis investasi ini sangat diminati oleh bergbagai kalangan. Hal yang paling perlu diingat dalam berinvestasi emas adalah jangka waktu yang paling optimal untuk mendapatkan keuntungan. Emas adalah investasi jangka panjang, oleh karena itu keuntungan akan dinilai optimal jika sudah lewat 5 tahun. Akan tetapi banyak orang yang tidak paham mengapa harga emas bisa berubah, Berikut adalah 5 faktor yang mempengaruhi harga emas seperti yang dilansir dari koinworks.com.

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

  1. Adanya Kebijakan Moneter. Kebijakan moneter yang dilakukan oleh Bank Sentral AS atau The Fed adalah salah satu faktor yang mempengaruhi harga emas. kebijakan moneter adalah kebijakan dalam melakukan perubahan terhadap suku bunga. Jika The Fed menurunkan suku bunga, harga emas memiliki kemungkinan untuk meningkat. Pun sebaliknya jika suku bunga ditingkatkan, harga emas memiliki kemungkinan untuk merosot.
  2. Perubahan Nilai Dolar. Dolar AS memiliki pengaruh yang besar terhadap perubahan harga emas. Hal tersebut terjadi karena nilai dolar juga bisa bergera karena pengaruh The Fed. Sebagai contoh, jika suku bunga turun, harga emas akan meningkat dan nilai dolar akan menurun. Jadi dapat disimpulkan bahwa jika nilai dolar menurun, harga emas akan meningkat, begitu pula sebaliknya.
  3. Jumlah Produksi Emas. Jika emas semakin langka, sudah barang tentu harga emas akan mengalami peningkatan. Jika ketika ada kelangkaan emas dan permintaan akan emas makin meningkat, harga emas bisa saja meroket sangat tinggi.
  4. InflasiSalah satu faktor yang mempengaruhi harga emas adalah terjadinya inflasi. Jika inflasi yang terjadi cukup tinggi, maka harga emas juga akan ikut meningkat. Oleh karena itu banyak orang yang membeli emas untuk melindungi diri dari inflasi. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah perubuhan suku bunga yang dilakukan oleh bank sentral. Jika suku bunga dinaikkan, inflasi akan tertahan dan harga emas cenderung menurun.
  5. Isu yang Ada di Berbagai Penjuru Dunia. Isu yang terjadi di seluruh dunia membuat harga emas juga berubah. Sebagai contoh, karena adanya virus Corona yang mewabah harga emas menjadi tidak stabil. Oleh karena itu banyak investor yang memborong emas dan membuat harga emas menjadi tidak stabil. Oleh karena itu isu-isu yang terjadi di seluruh dunia harus diikut.
Baca Juga  Perbedaan Investasi Jangka Pendek dengan Jangka Panjang
Investasi saat corona

4 Investasi Terbaik di Tengah Pandemi Corona

Investasi Fresh Graduate

5 Investasi yang Cocok Untuk Fresh Graduate