in

4 Manfaat Menabung Investasi Saham Untuk Millenial

4 manfaat investasi saham untuk millenial
Photo by Helena Lopes on Unsplash

Menabung saham adalah salah satu investasi yang banyak dilirik oleh kaum millenial karena imbal baliknya yang cukup besar. Selain itu keuntungan yang berupa dividen juga menjadi salah satu faktor penarik minat untuk menabung saham. Selain keuntungan tersebut, saham masih memiliki banyak manfaat untuk kaun millenial. Berikut adalah 4 manfaat menabung investasi saham untuk millenial seperti yang dilansir dari koinworks.com.

4 Manfaat Menabung Investasi Saham Untuk Millenial

  1. Membuka Wawasan Lebih Luas. Dengan menabung investasi saham, anda bisa mendapatkan wawasan lebih luas. Hal ini dikarenakan anda harus lebih jeli dalam mencerna informasi yang terjadi di pasar saham dengan membaca berita. Ketika anda membaca berita, anda akan mendapatkan banyak informasi dari berbagai sektor seperti ekonomi, politik, bisnis, dan lain sebagainya. Informasi tersebut dapat digunakan untuk menentukan pembelian dan penjualan saham yang anda miliki.
  2. Menciptakan Mental Entrepreneur. Dengan membeli saham, anda akan menjadi pemilik sebagian dari perusahaan tersebut. Anda akan merasakan bagaimana pergerakan pasar memberikan pengaruh terhadap anda. Suatu saat anda akan mendapatkan capital loss, di saat yang lain anda akan mendapatkan capital gain. Pengalaman-pengalaman tersebut akan membantu menciptakan mental entrepreneur di dalam diri anda.
  3. Mempersiapkan Dana Pensiun dan Warisan. Walaupun kaum millenial masih muda dan banyak yang masih belum berkeluarga, tidak ada salahnya anda menyiapkan dana pensiun dan warisan. Pewarisan saham adalah hal yang sah dilakukan dan dilindungi dalam pasal 833 KUH Perdata dan Undang-Undang No 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (UUPM) Pasal 87 dan Pasal 88. Dana pensiun dapat dipersiapkan dari capital gain yang diperoleh setelah melakukan investasi dalam jangka panjang. Uang yang anda investasikan akan mendapatkan nilai yang lebih tinggi dan bisa menahan laju inflasi, daripada hanya ditabung saja.
  4. Mempersiapkan Pernikahan. Anda bisa mempersiapkan pernikahan dari saham yang anda miliki. Jika anda sudah melakukan investasi saham sejak anda mulia bekerja, anda memiliki waktu untuk mendapatkan keuntungan dari saham yang anda miliki. Anda bisa gunakan uang tersebut untuk mempersiapkan pernikahan dengan orang yang anda cintai.
Baca Juga  Bagaimana Cara Memulai Perdagangan Saham
Investasi ketika Rupiah melemah

5 Investasi Ketika Rupiah Sedang Melemah

6 Tips Menabung dana Investasi

6 Tips Menabung Dana Investasi