in

Manfaat Adanya Inovasi Robo Advisor

manfaat adanya inovasi Robo Advisor
Photo by Arseny Togulev on Unsplash

Robo Advisor adalah salah satu inovasi dalam bidang investasi yang banyak diperbincangkan oleh banyak orang. Robo Advisor dapat digunakan untuk seseorang yang masih muda, memiliki portofolio investasi yang sederhana, dan masih memiliki buta akan ilmu investasi. Robo Advisor juga memiliki fee yang lebih rendah daripada penasihat keuangan pada umumnya. Akan tetapi, manfaat dari Robo Advisor lebih dari itu. Berikut adalah manfaat adanya inovasi Robo Advisor seperti yang dilansir dari kompasiana.

Manfaat Adanya Inovasi Robo Advisor

  1. Biaya yang Lebih Rendah daripada Penasihat Keuangan. Biaya yang dibutuhkan oleh Robo Advisor lebih kecil daripada penasihat keuangan tradisional (tenaga manusia). Dengan menggunakan robot, biaya layanan bisa diperkecil. Platform Robo Advisor biasanya mempunyai biaya sebanyak 0,2 persen hingga 0,5 persen dari saldo akun klien. Hal ini sungguh berbeda dengan tarif yang diberikan oleh penasihat keuangan. Penasihat keuangan biasanya membebankan 1 persen atau 2 persen dari saldo klien.
  2. Terbebas dari Stress. Menggunakan Robo Advisor akan membuat klien menjadi terbebas dari stress. Hal ini dikarenakan software Robo Advisor akan melakukan semua proses secara otomatis. Dengan adanya fitur ini, klien akan terbebas dari rasa khawatir ketika membuat dan melihat perubahan yang terjadi pada portofolio. Klien juga lebih mudah untuk masuk ke pasar pedagangan dan mengikuti perdagangan di pasar tersebut. Selain itu akses selama 24/7 membuat klien lebih mudah mengakses portofolio keuangan mereka.
  3. Lebih Efisien. Menggunakan Robo Advisor untuk mengatur portofolio dinilai lebih efisien daripada menggunakan jasa penasihat keuangan tradisional. Penasihat keuangan harus ditelepon dahulu atau bertemu secara langsung untuk mengatur portofolio klien. Selain itu anda harus menjelaskan kondisi keuangan anda, mengisi dokumen yang dibutuhkan, dan menunggu hasil yang diinginkan. Robo Advisor bisa dilakukan dengan beberapa klik saja dan bisa dilakukan di mana saja dalam mengatur dan menentukan proporsi dari portofolio investasi klien.
Baca Juga  3 Manfaat Melakukan Pelacakan Pengeluaran
Pembantu Investasi Bernama Robo Advisor

Pembantu Investasi Bernama Robo Advisor

5 Bisnis Menarik di Era Cashless

5 Bisnis Menarik di Era Cashless