in

5 Tips Dalam Berinvestasi Apartemen

5 tips dalam berinvestasi apartemen
Photo by Brandon Griggs on Unsplash

Apartemen adalah salah satu jenis investasi properti yang banyak dicari oleh investor. Akan tetapi, berinvestasi apartemen memiliki risiko yang cukup tinggi dibanding investasi properti yang lain. Hal lain yang harus diingat adalah biaya yang dibutuhkan juga terbilang cukup besar. Oleh karena itu anda harus tahu hal yang harus diingat sebelum berinvestasi apartemen. Berikut adalah 5 tips dalam berinvestasi apartemen seperti yang dilansir dari koinworks.com.

5 Tips Dalam Berinvestasi Apartemen

  1. Jangan Melakukan Emotional Investment. Seperti investasi lainnya, jangan sampai anda tidak berpikir secara logis ketika berinvestasi. Anda harus menghindari emotional investment ketika berinvestasi. Anda haru melakukan banyak riset dan pertimbangan sebelum melakukan investasi apartemen.
  2. Riset Sebelum Berinvestasi. Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, ada baiknya anda melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memperkecil risiko kerugian dalam berinvestasi properti jenis ini. Salah satu hal yang harus anda pastikan adalah lokasi apartemen yang strategis agar imbal balik yang diterima juga makin besar. Selain itu, anda harus juga melakuakn pendekatan analisis sebelum berinvestasi. Jangan sampai anda berinvestasi apartemen hanya karena anda senang saja tanpa pertimbangan jangka panjang.
  3. Amankan Uang Muka. Jika anda memang berminat untuk investasi apartemen, anda harus siap mengamankan uang muka. Siapkan uang muka sekitar 20 atau 30 persen dari harga apartemen tersebut. Jika anda membayar uang muka dengan jumlah besar, cicilan kedepannya juga akan semakin ringan.
  4. Lihat Range Harga Apartemen. Jika anda masih pemula dalam investasi properti, jangan membeli properti dengan harga tinggi walaupun anda mempunyai dana. Hal ini dilakukan untuk memperkecil risiko dalam berinvestasi properti. Pilihlah investasi dengan harga rendah agar anda melaju di zona dengan risiko rendah.
  5. Pahami Risikonya. Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif dari apartemen yang anda beli. Anda akan mendapatkan keuntungan dari sewa bulanan selama ada orang yang menyewa apartemen anda. Akan tetapi anda juga harus ingat akan risikonya. Salah satu risiko yang sering didapat adalah biaya sewa yang tidak cukup untuk membayar cicilan. Selain itu anda tidak bisa menjual apartemen kapan saja karena apartemen bukan aset yang likuid. Oleh karena itu anda harus memikirkan baik-baik sebelum berinvestasi apartemen.
Baca Juga  2020 Harga Emas Akan Meningkat
5 anggapan yang salah tentang hidup hemat

5 Anggapan yang Salah Tentang Hidup Hemat

Siapkan Dana Darurat untuk Lebaran

Siapkan Dana Darurat untuk Lebaran