in

5 Tipe Aplikasi Saham yang Anda Harus Tahu

5 Tipe Aplikasi Saham
Photo by Balázs Kétyi on Unsplash

Semakin berkembangnya teknologi, berbagai macam inovasi akan ditemukan di berbagai sektor, tak terkecuali sektor ekonomi dan finansial. Hal ini membuat para investor menjadi mudah untuk melakukan transaksi di pasar modal. Dengan mengetahui tipe aplikasi, investor akan lebih mudah dalam memonitor portofolio saham, mempelajari faktor bergeraknya saham, melakukan jual beli, dan lain sebagainya. Berikut adalah 5 tipe aplikasi saham yang anda harus tahu seperti dikutip dari cekaja.com.

5 Tipe Aplikasi Saham yang Anda Harus Tahu

  1. Aplikasi Simulasi Saham.  Aplikasi ini biasanya dipergunakan oleh investor pemula yang baru berminat untuk melakukan investasi saham. Dalam aplikasi ini, biasanya akan ada tutorial dalam melakukan jual beli saham dan memprediksi pergerakan pasar. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan simulasi pergerakan saham dan langkah yang harus dilakukan dalam transaksi saham. Hal ini ada di aplikasi tersebut untuk membantu investor pemula. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Stock Market Simulator. Aplikasi ini bisa diunduh di App Store.
  2. Aplikasi Saham dari Perusahaan Sekuritas. Aplikasi ini biasanya bisa dipakai setelah anda membuka rekening saham di perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas biasanya merilis aplikasi saham mereka sendiri untuk mempermudah investor dalam melakukan jual beli. Dengan adanya aplikasi ini, investor bisa bertransaksi di mana saja dan kapan saja. Contoh aplikasi ini antara lain adalah Simas Equity Mobile miliki PT Sinarmas Sekuritas dan MOST Mobile Mandiri milik Mandiri Sekuritas.
  3. Aplikasi Berita Pasar. Aplikasi ini digunakan oleh investor untuk mengetahui pergerakan pasar dan fundamental perusahaan. Investor harus sering melakukan pengecekan tentang hal tersebut agar lebih mudah dalam mengambil keputusan ketika melakukan transaksi jual beli saham. Aplikasi ini biasanya dirilis oleh portal berita. Aplikasi tersebut antara lain adalah Bloomberg, CNBC, dan lain sebagainya.
  4. Aplikasi Komunitas Pelaku Saham. Aplikasi ini cocok untuk investor pemula karena anda bisa melakukan diskusi dengan investor yang lebih ahli. Anda bisa bertanya dengan membuka thread atau mencoba memberi informasi kepada investor pemula lainnya. Aplikasi jenis ini bisa di download melalui App Store. Salah satu nama dari aplikasi ini adalah Stockbit.
  5. Aplikasi Mobile Banking. Dalam aplikasi mobile banking, ada fitur yang bisa anda manfaatkan untuk membayar tagihan dalam melakukan transaksi saham. Akan tetapi anda tidak bisa mengecek pergerakan pasar atau melakukan jual beli melalui mobile banking.
Baca Juga  Pilihan Saham Menarik Untuk Hari Ini (20/3)
IHSG Ditutup Dalam Keadaan Menguat

IHSG Ditutup Dalam Keadaan Menguat

5 aplikasi saham untuk investor pemula

5 Aplikasi Saham untuk Investor Pemula