in

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham

keuntungan dan kerugian investasi saham
Photo by Jason Briscoe on Unsplash

Di tengah era digital ini, banyak orang yang berminat untuk melakukan investasi di pasar modal atau berinvestasi saham. Hal ini menjadi pendobrak stigma bahwa investasi saham hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya saja. Akan tetapi, ada hal yang harus diingat dalam berinvestasi saham. Hal itu adalah untung rugi yang ada dalam berinvestasi pasar modal ini. Berikut adalah keuntungan dan kerugian investasi saham yang dikutip dari cekaja.com.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham

Keuntungan

  1. Capital GainSalah satu keuntungan dari berinvestasi saham adalah capital gain. Capital gain adalah keuntungan yang bisa didapatkan dari selisih harga beli dan harga jual suatu saham. Faktor yang menyebabkan perubahan harga saham antara lain adalah jumlah aktivitas perdagangan saham tersebut di bursa efek. Jika anda ingin mendapatkan capital gain yang profitable, anda harus membeli saham itu saat sedang murah dan menjual saham tersebut di saat mahal.
  2. Dividen. Keuntungan berikutnya dari berinvestasi saham adalah dividen. Dividen adalah keuntungan yang dibagikan oleh pihak perusahaan kepada investor yang memegang saham mereka. Jumlah yang diterima investor juga tergantung dari berapa persen saham perusahaan yang dimiliki. Akan tetapi, perusahaan tidak memberikan semua keuntungan kepada investor. Perusahaan akan menggunakan sebagian keuntungan untuk memperluas bisnis agar keuangan perusahaan menjadi lebih baik kedepannya.
Baca Juga  Ibu Rumah Tangga, 4 Jenis Investasi Ini Bisa Dicoba

Kerugian

  1. Capital Loss. Kerugian atau risiko yang paling sering muncul dalam investasi saham adalah capital loss. Capital loss adalah kebalikan dari capital gain. Dengan kata lain harga saham ketika anda jual sedang mengalami penurunan daripada harga beli saham tersebut. Hal ini biasanya terjadi ketika kondisi ekonomi dunia sedang bergejolak karena politik dan lain sebagainya.
  2. Likuidasi. Kerugian lain yang mungkin terjadi kepada investor ketika berinvestasi saham adalah likuidasi. Likuidasi terjadi ketika suatu perusahaan harus bangkrut karena alasan tertentu. Selain itu likuidasi terjadi ketika perusahaan harus terpaksa ditutup karena berbagai alasan.
Produk dan Prosedur Broker Mega Growth Futures

Produk dan Prosedur Broker Mega Growth Futures

tutorial melakukan pembelian saham

Tutorial Melakukan Pembelian Saham