in

Tutorial Melakukan Pembelian Saham

tutorial melakukan pembelian saham
Photo by Jason Briscoe on Unsplash

Investasi saham adalah hal yang harus dipertimbangkan karena investasi ini memiliki imbal balik yang cukup besar. Selain itu dengan berinvestasi saham, nilai uang anda akan aman dari pengurangan yang terjadi akibat inflasi. Oleh karena itu ada baiknya anda tahu bagaimana cara untuk melakukan pembelian saham. Berikut adalah tutorial melakukan pembelian saham yang dikutip dari cekaja.com.

Tutorial Melakukan Pembelian Saham

  1. Membuka Rekening Saham. Sama halnya dengan membuat rekening bank, anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk membuka rekening saham. Anda bisa membuka rekening saham di berbagai perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa keuangan (OJK). Untuk membuka rekening, anda harus mengunjungi kantor sekuritas yang ada di berbagai kota dan mengisi formulir yang ada. Hal yang harus dibawa ketika mendaftar adalah kartu identitas, buku tabungan, NPWP, data ahli waros, dan data pekerjaan atau usaha yang anda lakukan.
  2. Menyetorkan Saldo Awal. Setelah anda mengisi formulir dan melampirkan syarat-syarat yang ada, anda harus menyetorkan saldo awal. Jumlah saldo awal yang harus disetorkan tergantung terhadap perusahaan sekuritas tersebut. Biasanya saldo awal yang dibutuhkan adalah sebesar Rp1 juta dan hingga puluhan juta rupiah. Jika anda memilih perusahaan sekuritas asing, anda harus merogoh kocek yang lebih dalam.
  3. Tentukan Metode Investasi. Ada dua metode investasi yang bisa anda pilih dalam investasi saham, yaitu trading saham dan investasi saham jangka panjang. Trading saham adalah metode jual beli saham dengan cepat. Investor akan membeli saham saat murah dan menjual saat tinggi. Keuntungan yang didapatkan dengan metode ini adalah capital gain atau selisih harga jual dan harga beli. Investasi saham jangka panjang adalah metode yang digunakan untuk memperoleh dividen. Jika memilih metode ini, investor harus menahan saham yang dimiliki dan tidak menjualnya walaupun harga sedang naik.
  4. Pelajari dan Analisa Kondisi Perusahaan. Jika sudah memilih metode, pelajari dan analisa kondisi perusahaan yang akan anda pilih. Pahami latar belakang dan kondisi perusahaan tersebut. Anda juga harus mempertimbangkan faktor eksternal seperti isu sosial politik yang terjadi di sekitar anda.
  5. Mengunduh Aplikasi untuk Online Trading. Hal yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah mengunduh aplikasi online trading. Aplikasi ini berfungsi untuk mengecek pergerakan saham. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan tempat anda membuka rekening saham.
  6. Memulai Membeli SahamSetelah anda melakukan semua hal tersebut, anda bisa mulai membeli saham. Anda bisa melakukan pembelian online atau menghubungi perusahaan sekuritas.
Baca Juga  5 Alasan Kenapa Investasi Harus Dimulai Sejak Muda

 

keuntungan dan kerugian investasi saham

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham

cara mengecek nilai saham di IDX

Cara Mengecek Nilai Saham di IDX