in

Cara Mengecek Nilai Saham di IDX

cara mengecek nilai saham di IDX
Photo by Adam Nowakowski on Unsplash

Ketika anda melakukan investasi saham, anda tidak bisa melakukan jual beli saham secara sembarangan. Sebagai investor, anda harus tahu bagaimana laju perkembangan perusahaan yang ingin anda investasikan. Oleh karena itu anda harus tahu bagaimana cara mengecek nilai saham di IDX atau Bursa Efek Indonesia. Berikut adalah cara mengecek nilai saham di IDX seperti yang dikutip dari duitsaku.com.

Ketika anda ingin mengecek nilai saham di IDX, anda tidak bisa tahu harga saham dari laporan keuangan perusahaan tersebut. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang tidak mengeluarkan laporan keuangan kepada publik. Selain itu dengan harga saham yang fluktuatif, muncul kebijakan dari Bursa Efek Indonesia agar perusahaan mengeluarkan laporan keuangan secara berkala setiap 3 bulan.

Walaupun anda tidak bisa mengecek nilai saham secara langsung di IDX, ada berbagai cara lain yang bisa anda gunakan. Bahkan ada beberapa sumber yang memunculkan data secara real time atau secara langsung.

Cara yang paling mudah adalah dengan membuka google. Anda bisa mengetik “idx (kode saham)” untuk mengetahui data harga saham tersebut. Jika anda tidak tahu kode saham dari perusahaan tersebut, anda bisa menyebutkan nama perusahaan yang akan anda cari. Dengan menggunakan google, data yang diterima adalah data real time.

Baca Juga  Berinvestasi dengan Memanfaatkan Uang THR Lebaran

Cara lain adalah menggunakan website Yahoo Finance. Dengan menggunakan Yahoo Finance, data yang ditemukan juga akan lebih lengkap. Akan tetapi, ada kekurangan dari menggunakan Yahoo Finance ini. Kekurangan tersebut adalah loading page yang dinilai cukup lambat. Oleh karena itu anda membutuhkan koneksi internet yang bagus untuk menggunakan website ini

Sumber lain yang bisa anda gunakan adalah aplikasi yang diberikan oleh perusahaan sekuritas tempat anda membuka rekening saham. Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut karena data yang diberikan adalah data real time. Selain itu dengan menggunakan aplikasi yang diberikan oleh perusahaan sekuritas, anda bisa melakukan jual bei saham secara langsung.

tutorial melakukan pembelian saham

Tutorial Melakukan Pembelian Saham

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau

IHSG Dibuka di Zona Hijau Pada Pembukaan Perdagangan