in

3 Tabungan Alternatif yang Anda Harus Tahu

3 tabungan alternatif
Photo by Lalmch on Pixabay

Menabung adalah hal yang sudah dipelajari oleh banyak orang sejak kecil. Dengan menabung, anda bisa terhindar dari sifat konsumtif yang bisa merugikan keuangan anda. Menabung tidak harus di celengan, anda bisa menabung uang anda di bank. Akan tetapi dengan berkembangnya dunia investasi, jenis menabung juga makin berkembang. Berikut adalah 3 tabungan alternatif yang anda harus tahu seperti dikutip dari kompasiana.

3 Tabungan Alternatif yang Anda Harus Tahu

  1. Tabungan Emas Digital. Tabungan jenis ini cukup banyak menarik minat masyarakat. Hal ini dikarenakan modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Selain itu emas ini bisa dibeli melalui aplikasi atau website. Tabungan emas juga memiliki sifat likuid dan mudah dicairkan disaat anda membutuhkan uang tersebut. Sekain itu keuntungan selisih juga masih bisa anda dapatkan walaupun tidak terlalu besar. Tabungan jenis ini cocok dilakukan untuk jangka panjang karena potensi emas untuk menguat dalam jangka panjang. Selain itu return yang diberikan juga lebih besar daripada bank.
  2. Reksa DanaReksa dana adalah salah satu jenis investasi yang populer di kalangan milennial. Ada 4 jenis reksa dana yang bisa dipilih. Anda bisa memilih sesuai dengan risk tolerance yang anda miliki. Jika anda memiliki risk tolerance yang rendah, anda bisa memilih reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap. Jika anda siap dengan risiko yang tinggi, anda bisa memilih reksa dana campuran dan reksa dana saham yang memiliki nilai fluktuatif. Hal lain yang harus anda perhatikan adalah kinerja dari Manajer Investasi (MI) yang anda pilih.
  3. Menabung Saham. Menabung saham adalah jenis tabungan yang dirilis oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) beberapa tahun lalu. Hal ini membuat jumlah investor saham semakin banyak di Indonesia. Selain itu bunga per tahun tabungan ini juga cukup besar, lebih besar daripada tabungan bank. Akan tetapi, tabungan ini adalah tabungan high risk high return. Dengan keuntungan yang besar, risiko yang diterima juga besar. Anda bisa belajar dahulu bagaimana cara memilih saham agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.
Baca Juga  4 Investasi Terbaik di Tengah Pandemi Corona
Berhemat Selama Ramadhan, Panen Untung Saat Lebaran

Berhemat Selama Ramadhan, Panen Untung Saat Lebaran

erikut adalah cara kerja investasi asuransi syariah

Cara Kerja Investasi Asuransi Syariah