in

Jenis Asumsi Dasar Analisis Teknikal Saham

Asumsi dasar analisis teknikal
Photo by YTCount on Unsplash

Analisis teknikal saham adalah analisis yang dilakukan untuk mengamati pergerakan dari data pasar. Dalam analsis teknikal saham, hal yang harus diperhatikan adalah pergerakan saham, harga saham, dan jumlah tansaksi, bukan kondisi ekonomi atau kondisi keuangan. Ketika melakukakan analisis teknikal saham, anda akan melakukan asumsi dasar. Berikut adalah jenis asumsi dasar yang ada di analisis teknikal saham seperti yang dikutip dari Lifepal.

Asumsi Dasar Analisis Teknikal Saham

Pengertian dari asumsi dasar adalah faktor-faktor yang akan mempengaruhi pergerakan yang terjadi di pasar. Pergerakan ini biasanya sudah pernah terjadi dalam sejarah pasar sebelumnya. Asumsi dasar yang harus anda ketahui adalah:

Data Pasar. 

Pengertian dari data pasar adalah semua jenis data yang bisa digunakan dari berbagai macam transaksi yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam data pasar, ada beberapa komponen yang harus anda pahami. Komponen tersebut antara lain yaitu:

  • Harga Saham. Data pasar yang harus anda perhatikan adalah harga saham. Anda harus bisa memperhatikan pergerakan harga saham suatu emiten saham yang terjadi dalam waktu tertentu. Pergerakan harga saham ini akan dipengaruhi oleh kebutuhan dan keinginan akan saham tersebut di pasar.
  • Jumlah Terjadinya Transaksi. Data ini juga harus diperhatikan karena data ini mengandung banyaknya jumlah saham yang diperjual belikan pada hari tertentu. Jumlah terjadinya transaksi juga akan berubah-ubah tergantung keadaan pasar.
Baca Juga  Bermain Catur Membantu Dalam Trading

Tren. 

Tren menunjukkan bahwa pergerakan harga saham yang terjadi tidaklah acak. Pergerakan saham memiliki pola tertentu sampai nanti tren tersebut akan berubah. Arah melajunya tren dibagi menjadi tiga jenis, yaitu naik, turun, dan sideways (tidak bergerak). Dengan melihat tren yang ada, anda bisa membuat keputusan apakah anda akan membeli, menjual, atau tidak melakukan apa-apa terhadap saham tersebut. Tren juga bisa dibagi lagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

  • Primary Trend. Tren ini menunjukkan pergerakan dalam waktu lama.
  • Secondary Trend. Tren ini menunjukkan pergerakan yang ada selama primary trend.
  • Minor Trend. Tren ini menunjukkan fluktuasi harga yang terjadi setiap hari.

Sejarah Laju Pergerakan Saham.

Banyak analis saham yang mengatakan bahwa tren saham akan terjadi lagi di suatu saat. Walaupun memiliki harga yang berbeda, pola fluktuasi yang mirip mungkin akan terjadi. Oleh karena itu banyak orang yang selalu melihat pergerakan yang lampau untuk memproyeksikan pergerakan yang akan datang.

Tips analisis teknikal

Tips Melakukan Analisis Teknikal yang Wajib Diketahui

Harga Emas merosot

Hubungan AS-Tiongkok Memanas, Harga Emas Antam Turun Rp 2.000