in

Pengertian Analisis Fundamental Saham

Analisis Fundamental saham
Photo by Matthew Guay on Unsplash

Ketika melakukan analisis saham, ada dua analisis yang harus dipahami, yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental saham. Hal tersebut harus dipelajari agar seorang investor tidak melakukan jual beli saham secara tebak-tebakan. Berikut adalah pengertian analisis fundamental saham yang anda harus tahu.

Pengertian Analisis Fundamental Saham

Dikutip dari Lifepal, pengertian dari analisis fundamental saham adalah teknik analisis yang mencakup hal seperti kondisi perusahaan hingga kondisi eknomi. Dengan menggunakan analisis ini, anda akan mengetahui bagaimana kondisi kesehatan dari suatu emiten saham. Dengan mengetahui kesehatan dari suatu emiten saham, anda bisa memutuskan apakah saham tersebut layak dibeli atau tidak. Analisis ini sering digunakan untuk melakukan investasi jangka panjang.

Salah satu faktor yang dapat digunakan untuk melakukan analisis ini adalah kondisi ekonomi yang ada. Investor bisa melakukan analisis ekonomi makro dan analisis eknomi makro.

Analisis ekonomi makro adalah analisis yang digunakan untuk mengetahui kondisi ekonomi yang terjadi secara global. Dengan melakukan analisis ekonomi makro anda bisa menentukan apakah ekonomi global sedang ada pada kondisi kondusif atau tidak. Sebagai investor, anda harus berhati-hati dalam melakukan analisis ekonomi makro, karena hal ini akan memberikan pengaruh terhadap hal yang akan dilakukan investor pada pasar modal.

Baca Juga  Tips Berinvestasi Saat Pandemi Corona

Dalam analisis ekonomi makro, analisis harus dilakukan secara umum, dan tidak memperhatikan hal-hal kecil yang terjadi. Contohnya, ketika melakukan analisis ekonomi makro, yang dianalisa adalah perilaku yang dilakukan oleh semua pembeli, bukan hanya satu pembeli saja.

Analisis ekonomi mikro adalah analisis yang dilakukan untuk mengetahui kondisi ekonomi yang terjadi dalam negeri. Hal yang harus diperhatikan dalam analisis ini adalah pertumbuhan sektor bisnis, kemungkinan terjadinya inflasi, dan lain sebagainya. Analisis ini juga tidak kalah penting dengan analisis ekonomi mikro. Karena dengan mengetahui kondisi suatu perusahaan, anda akan tahu apakah saham perusahaan tersebut layak dibeli atau tidak. Selain itu kejadian dimana kondisi ekonomi sedang baik, namun kondisi perusahaan sedang tidak sehat juga tidak jarang terjadi.

 

Harga Emas merosot

Hubungan AS-Tiongkok Memanas, Harga Emas Antam Turun Rp 2.000

ihsg kembali merosot

IHSG Kembali Merosot Pada Perdagangan Hari Ini