in

Jenis Derivatif yang Anda Harus Tahu

jenis derivatif
Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Investasi derivatif biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu derivatif yang diperdagangkan di bursa atau derivatif yang perdagangkan di luar bursa. Akan tetapi, derivatif masih bisa dikategorikan menjadi beberapa macam lagi. Berikut adalah jenis-jenis derivatif yang beredar seperti dikutip dari Lifepal.

Jenis Derivatif yang Beredar

Futures atau Kontrak Berjangka.

Jenis kontrak ini adalah kontrak yang paling sering diperdagangkan dalam pasar sekunder atau bursa. Maksud dari kontrak ini adalah melakukan pembelian atau penjualan suatu instrumen dengan harga yang sudah ditetapkan untuk masa mendatang.

Salah satu contoh adalah pembelian minyak berjangka. Banyak perusahaan yang melakukan pembelian minyak dengan kontrak futures. Untung rugi yang diterima tergantung dari harga minyak yang beredar di pasaran pada saat mendatang. Jika harga minyak lebih tinggi, pemilik kontrak akan untuk karena sudah membeli minyak dengan harga yang ditentukan. Lain halnya jika harga minyak turun, pemilik kontrak tidak bisa mengubah harga minyak yang harus dibayarkan.

Option atau Opsi.

Option adalah jenis derivatif yang memberikan kesempatan kepada pemilik kontrak untuk melakukan jual beli dengan nilai tertentu sebelum jatuh tempo. Perbedaan antara Option dan Futures adalah di Futures, anda harus menjual atau membeli barang sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Sedangkan Option, anda diberikan pilihan untuk membeli atau menjual ketika mendekati jatuh tempo. Anda tidak memiliki kewajiban untuk melakukan jual beli terhadap kontrak yang anda miliki.

Baca Juga  3 Tabungan Alternatif yang Anda Harus Tahu

Ada dua jenis option yang beredar, yaitu Call Option dan Put Option. Pengertian dari call option adalah kontrak yang diberikan dengan hak pemilik untuk melakukan pembelian saham dengan jumlah yang sudah ditentukan dari perusahaan yang menerbitkan option. Put Option adalah kontrak dengan hak pemilik untuk menjual sahamnya dengan jumlah dan nilai yang sudah ditentukan penerbit option tersebut.

Swap

Swap adalah jenis derivatif yang berhubungan dengan mata uang asing. Swap adalah transaksi dua arah yang dijalankan bersamaan antara dua belah pihak dalam melakukan perdagangan mata uang. Mata uang bisa diperdagangkan mata uang lain maupun dengan suku bunga yang bergerak fluktuatif. Setelah itu, mata uang juga harus diperdagangkan kembali di masa depan. Target transaksi ini adalah menjaga kepastian nilai mata uang atau suku bunga agar tidak merugi di masa depan.

Risiko kelebihan Derivatif

Risiko dan Kelebihan Investasi Derivatif

Wah, THR Lebaran Bisa Tertunda Sampai Akhir Tahun 2020

Investasi Jangka Panjang, Masa Depan Lebih Cerah