in

Tenang Berinvestasi, Berikut Caranya

Tenang berinvestasi
Photo by UX Indonesia on Unsplash

Semua orang pasti ingin berinvestasi dengan tenang, terutama bagi para investor pemula. Sebelum berinvestasi anda harus mempersiapkan beberapa strategi agar anda bisa kalem ketika terjadi sesuatu yang di luar kendali anda. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan agar anda bisa tenang selama melakukan investasi seperti yang dikutip dari Lifepal.

Cara Agar Tenang Berinvestasi

  1. Kendalikan Emosi Anda. Sebisa mungkin kendalikan emosi anda saat melakukan investasi. Emosi sangat mempengaruhi pemilihan investasi yang seseorang lakukan. Seseorang terkadang bisa terlalu percaya diri atau terlalu ragu-ragu dalam menentukan pilihan investasi. Ketika seseorang terlalu percaya diri dan merugi dalam berinvestasi, hal tersebut bisa merusak mental seseorang, pun sebaliknya. Oleh karena itu, usahakan membuat rencana sebelum berinvestasi dan tetap fokus terhadap investasi tersebut. Hal ini dilakukan agar anda tetap berinvestasi secara teknikal, tidak emosional.
  2. Melakukan Diversifikasi Instrumen Investasi. Melakukan diversifikasi instrumen investasi adalah hal yang harus dilakukan oleh investor, baik investor pemula maupun kelas kakap. Diversifikasi instrumen investasi adalah teknik dalam mengatur pengalokasian dana dalam investasi. Dengan diversifikasi anda bisa mengurangi risiko dketika rugi dalam berinvestasi. Akan tetapi, jangan sampai anda melakukan diversifikasi secara berlebihan. Jika anda berlebihan dalam melakukan dversifikasi, keuntungan yang didapatkan juga makin sulit.
  3. Selalu Mencari Informasi. Jaman sekarang ini, mencari informasi keuangan sangatlah mudah. Sudah banyak sekali platform digital yang membahas tentang berita-berita keuangan. Anda bisa memanfaatkan informasi yang ada untuk mengoptimalkan investasi anda. Selain itu gunakan informasi yang ada untuk melakukan analisa yang lebih lanjut agar anda lebih tenang dalam berinvestasi.
  4. Pahami Risiko yang Ada. Setiap investasi pasti memiliki risikonya sendiri-sediri, baik tinggi maupun rendah. Anda harus melakukan investasi sesuai dengan risk tolerance yang anda miliki. Jika anda berinvestasi sesuai dengan risk tolerance anda, beban pikiran anda selama berinvestasi juga makin berkurang. Dengan berkurangnya beban pikiran, anda bisa melakukan investasi dengan perasaan yang lebih tenang. Selain itu, jangan sampai anda terpengaruh oleh orang lain dalam berinvestasi agar anda bisa tenang dalam melakukannya.
Baca Juga  5 Cara Investasi Emas yang Menguntungkan
Memulihkan Keuangan

Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran, Berikut Caranya

Jenis Investasi Syariah

Jenis Investasi Syariah dengan Modal Kecil