in

Jenis Investasi Syariah dengan Modal Kecil

Jenis Investasi Syariah
Photo by UX Indonesia on Unsplash

Investasi syariah berkembang dengan sangat pesat di Indonesia. Akan tetapi banyak yang menganggap bahwa investasi syariah memiliki tingkat imbal balik yang kurang menguntungkan. Padahal keuntungan yang bisa diperoleh juga bisa dibilang menguntungkan, bahkan ada beberapa investasi yang bisa dilakukan dengan modal di bawah Rp1 juta. Berikut adalah beberapa jenis investasi syariah yang bisa anda lakukan dengan modal kecil seperti dikutip dari Lifepal.

Jenis Investasi Syariah dengan Modal Kecil

  1. Reksa Dana Syariah. Salah satu investasi syariah yang memiliki modal cukup kecil adalah reksa dana syariah. Jenis reksa dana syariah juga mirip dengan reksa dana konvensional, yaitu reksa dana pasar uang, oendapatan tetap, saham, dan campuran. Anda bisa memilih reksa dana sesuai dengan tingkat risiko yang miliki. Hal yang membedakan reksa dana syariah dengan konvensional adalah fitur cleansing. Dalam fitur ini, jika ada pendapatan dalam reksa dana yang tidak sesuai dengan syariah maka pendapatan tersebut bisa dibersihkan. Salah satu pendapat yang diberishkan adalah dana yang mengalami pengendapan di bank karena terlambat dalam melakukan investasi.
  2. Saham Syariah. Saham syariah menjadi salah satu penarik perhatian seseorang agar berinvestasi secara syariah. Saham syariah yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISS) juga sudah cukup banyak, yaitu 407 saham per 2018. Perusahaan yang mendaftar biasanya adalah perusahaan yang menganut hukum dagang secara Islami. Jadi, saham yang berasal dari rokok, alkohol, perhotelan, bahkan bank konvensional tidak akan terdaftar dalam ISSI. Harga saham juga cenderung cukup murah, ada yang dibawah Rp100 per lembar sahamnya.
  3. Sukuk Negara Ritel. Investasi ini adalah jenis investasi syariah dengan tingkat risiko paling rendah. Hal ini dikarenakan Sukuk Negara Ritel adalah Surat Utang Negara dan pengembalian dijamin oleh negara. Pembelian surat utang ini bisa dilakukan di berbagai bank syariah yang ada di Indonesia dengan menggunakan akad ijarah. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, yaitu sebanyak Rp1 juta.
  4. Investasi Emas. Emas adalah salah investasi yang sangat terkenal di berbagai kalangan, bahkan ada beberapa bank syariah yang memiliki program cicil emas. Emas adalah investasi jangka panjang dengan tingkat risiko yang rendah dan memiliki modal di bawah Rp1 juta.
Baca Juga  Terapkan 7 Langkah Ini Agar Bisa Raih Kebebasan Finansial

 

Tenang berinvestasi

Tenang Berinvestasi, Berikut Caranya

Ramalan Zodiak yang Punya Finansial Bagus di Tengah Pandemi Covid-19

Restrukturisasi Keuangan di Kota Malang Sukses Redam PHK