in

Kelebihan Menabung Saham Bagi Pensiunan

kelebihan menabung saham
Gambar oleh aderna dari Pixabay

Banyak orang yang ragu untuk menabung saham di masa pensiun. Padahal ada banyak kelebihan menabung saham di masa pensiun.

Banyak orang yang ragu karena menabung saham lekat dengan kata-kata high risk high return. Padahal jika anda berhati-hati, keuntungan yang didapatkan bisa membuat kehidupan di masa pensiun menjadi lebih tenang.

Agar lebih jelas, berikut adalah kelebihan menabung saham bagi pensiunan seperti yang dikutip dari Lifepal.

Kelebihan Menabung Saham

Saham Bisa Jadi Warisan

Saham adalah salah satu aset yang bisa diwariskan kepada ahli waris. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda memulai menabung di masa pensiun anda.

Jika anda menabung saham di emiten saham bluechip atau saham yang memiliki fundamental yang bagus, ahli waris bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa dari saham tersebut.

Keuntungan yang diterima ahli waris bisa berupa deviden atau capital gain dari saham tersebut.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya menabung saham di masa pensiun. Hitung-hitung sebagai bekal untuk anak dan cucu anda.

Baca Juga  Investasi Obligasi, Investasi Apa Itu?

Ahli Waris Bisa Menikmati Deviden

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ahli waris anda bisa mendapatkan keuntungan berupa dividen dari saham tersebut.

Dividen akan diberikan secara berkala setiap tahunnya. Akan tetapi jumlah yang diterima tergantung dari jumlah lembar saham dan kinerja perusahaan tersebut.

Semakin banyak lot yang anda miliki, semakin besar pula dividen yang diterima setiap bulannya. Oleh karena itu, walaupun anda sudah pensiun tidak ada salahnya untuk membeli lot saham secara rutin.

Saham Memiliki Likuiditas yang Tinggi

Investasi properti bukanlah satu-satunya jenis investasi yang menguntungkan di hari tua. investasi saham bisa anda pertimbangkan.

Investasi saham lebih mudah untuk dicairkan daripada investasi properti. Hal ini dikarenakan investasi properti tidak bisa dijual langsung pada saat itu juga.

Jika anda ingin menjual properti anda, anda harus menunggu pembeli dengan penawaran yang sesuai dengan keinginan anda.

Dengan saham, anda bisa langsung menjual saham tersebut dan mendapatkan uang saat itu pula. Hal ini berguna jika anda membutuhkan dana secara mendadak.

Baca Juga  Investasi Properti Menarik yang Bisa Diinvestasikan
Lowongan kerja

Lowongan Kerja untuk SMA di Pelindo III

jenis penghasilan

7 Tipe Penghasilan yang Harus Anda Miliki