in

Manfaat Investasi Jangka Pendek, Apa Saja?

manfaat investasi jangka pendek
Photo by William Iven on Unsplash

Investasi jangka pendek adalah jenis investasi yang banyak dilakukan oleh kaum millenial. Hal ini karena manfaat investasi jangka pendek itu sendiri.

Investasi jenis ini banyak dilirik karena sifat-sifatnya yang menarik. Salah satu sifatnya adalah tingkat risiko yang cukup rendah sehingga cocok untuk investor pemula.

Selain itu, jenis investasi ini juga memiliki beberapa varian yang cukup menarik. Varian tersebut adalah tabungan bank, reksa dana, dan peer to peer lending.

Lalu apa saja manfaat dari investasi jangka pendek ini? Berikut adalah penjelasannya seperti yang dikutip dari ModalRakyat.

Manfaat Investasi Jangka Pendek

Manfaat dari investasi ini sebenarnya cukup banyak. Salah satunya adalah jumlah modal yang dipersiapkan tidak terlalu besar.

Sebagai contoh, investasi jangka pendek varian peer to peer lending bisa dimulai dengan modal Rp100 ribu saja.

Dengan adanya modal yang cukup mini tersebut, investasi ini dinilai cocok dilakukan oleh fresh graduate bahkan mahasiswa.

Manfaat lain dari invesatsi ini adalah tenor yang dinilai sangat cepat. Hal ini yang menyebabkan investasi ini dinamakan investasi jangka pendek.

Baca Juga  Investor Reksa Dana Mau Beralih ke Saham? Wajib Simak Ini Dulu! (Part 2)

Tenor yang singkat ini juga menjadi daya tarik bagi banyak investor, baik investor pemula maupun investor kelas kakap yang sudah berpengalaman.

Sebagai contoh tenor dalam investasi reksa dana. Di investasi tersebut, tenor yang diberikan bervariasi mulai dari satu tahun hingga satu bulan saja.

Peer to peer lending juga memiliki tenor yang cukup cepat. Dalam investasi investor berhak mendapatkan keuntungan dalam waktu dua minggu hingga tiga bulan saja.

Manfaat yang lain adalah profit yang sebanding dengan tingkat risiko. Investasi jangka pendek adalah jenis investasi yang memiliki tingkat risiko yang rendah.

Hal tersebut membuat tingkat keuntungan juga tidak terlalu besar, namun sebanding dengan tingkat risiko yang diberikan.

Dengan melakukan investasi jangka pendek, kaum millenial juga akan lebih mudah untuk mengontrol keuangan mereka.

Dengan adanya keuntungan tersebut, mereka bisa saja lebih memilih untuk mengalokasikan dana mereka ke investasi daripada ke hal yang konsumtif.

Sifat Investasi jangka Pendek

Sifat Investasi Jangka Pendek yang Anda Harus Tahu

Saham ICBP, Salah Satu Blue Chip Terbaik di Indonesia

Laba Bersih Indofood Tembus Rp1,4 Triliun Saat Pandemi Covid-19