in

Bisakah Emas Dijadikan Investasi Jangka Pendek?

Investasi emas

Investasi emas masih menjadi pilihan banyak orang untuk menyiapkan masa depan keuangan mereka. Selain itu sebagai cara untuk diversifikasi portofolio investasi. Misalnya seseorang ingin memperkecil risiko investasi pada reksa dananya, maka ia berinvestasi emas agar tetap memiliki simpanan cadangan.

Emas juga bisa menjadi pilihan untuk investasi jangka pendek. Hal ini mengingat emas merupakan instrumen yang tahan inflasi sehingga bisa digunakan untuk jaminan di saat Anda membutuhkan.

Misalnya Anda tiba-tiba membutuhkan biayatambahan, maka simpanan emas bisa diuangkan. Menguangkan emas untuk keperluan mendadak ini pun tidak sulit asalkan emas, baik perhiasan atau emas batangan, yang hendak diuangkan memiliki surat resmi.

Cara menguangkan emas secara cepat bisa dengan cara menjual atau menggadaikan untuk nantinya ditebus kembali. Anda pun tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan uang dari emas yang Anda tukarkan. Setelah emas ditimbang, Anda bisa langsung mendapatkan uang sesuai dengan nilai emas yang diserahkan.

Walaupun tidak memerlukan waktu khusus untuk menjual emas yang akan diinvestasikan, usahakan untuk tetap jeli melihat kesempatan saat Anda menjual atau menggadaikan. Tujuannya agar Anda tetap mendapatkan untung dari investasi emas. Hal ini karena pembelian emas tidak lepas dari pajak. Oleh karenanya penting untuk memperhitungkan total harga pembelian dan potensi harga jual nantinya.

Baca Juga  Cara Menghindari Penipuan Investasi Emas Melalui Money Games

Adapun saat Anda membeli emas pajak yang berlaku adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10%. Misalnya harga emas per gram adalah Rp 850.000, maka Anda harus membayar Rp 850.000 + Rp 85000 = Rp 935.000.

Sedangkan jika Anda membeli emas dari PT Aneka Tambang (Antam) pajak yang dikenakan untuk pembeli yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah 0,45% dan 0,9% bagi yang tidak memiliki NPWP.

Perhatikan nilai Dolar AS

Satu hal penting yang perlu Anda ketahui saat hendak membeli emas, apapun tujuannya, adalah nilai mata uang dolar AS. Hal ini karena, jika dolar AS melemah maka nilai emas naik. Begitupun sebaliknya jika dolar AS menguat, maka harga emas akan turun.

Untuk menghindari kesalahan – kesalahan yang biasa terjadi dalam investasi emas, silahkan baca artikel Kesalahan Ketika Investasi Emas Yang Sering Terjadi.

binary option

Binary Option Terkena Lacak Oleh FBI

binary option bappebti

Jenis Binary Option yang Terlacak Bappebti