in

Keuntungan ETF yang Harus Diketahui

Keuntungan ETF
Photo by Precondo CA on Unsplash

ETF adalah jenis investasi yang dinilai mirip dengan reksa dana. Lalu apakah keuntungan ETF sama dengan reksa dana? Berikut penjelesannya seperti yang dilansir dari Lifepal.

Keuntungan ETF

ETF memiliki beberapa kelebihan dibanding jenis investasi yang lain. Kelebihan tersebut adalah:

ETF Dinilai Lebih Efisien

ETF dinilai memiliki tingkat efisiensi yang lebih tinggi daripada beberapa jenis investasi yang lain.

Hal ini dikarenakan ketika anda membeli satu lot ETF, anda sama saja seperti membeli semua saham di satu jenis underlying asset. Anda hanya perlu memilih underlying asset mana yang kira-kira akan mengalami keuntungan.

Hal ini jelas berbeda dengan investasi saham dimana anda harus memilih saham mana yang diperkirakan akan mengalami penguatan.

Transaksi yang Dilakukan Lebih Cepat dan Fleksibel

Pada dasarnya, transaksi ETF hampir sama dengan transaksi saham. Anda bisa melakukan jual beli di aplikasi trading yang anda miliki.

ETF dinilai lebih efisien daripada reksa dana karena anda tidak perlu membeli melalui agen reksa dana. Anda bisa memilih langsung karena produk ETF semuanya terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca Juga  BEI: Bursa Libur Selama Lebaran

Cara pembelian juga mirip dengan saham. Anda bisa membeli menggunakan teknik marginm short selling dan lain sebagainya.

Lebih Mudah Mengontrol Risiko

ETF adalah jenis investasi dengan aset dasarnya adalah indeks saham. Hal ini membuat risiko ETF lebih mudah untuk diukur.

Kerugian baru akan anda rasakan jika indeks saham yang anda pilih dalam EFT mengalami depresiasi.

Transparansi

EFT juga dinilai oleh banyak investor sebagai investasi yang transparan. Hal ini dikarenakan komposisi ETF selalu disiarkan oleh penerbit ETF tersebut secara berkala.

Harga ETF juga bisa anda cari secara real time di berbagai aplikasi atau penyedia berita ekonomi.

Terjaga Likuiditasnya

Likuiditas investasi ini dinilai cukup baik, hal ini karena pihak sekuritas pemilik ETF tersebut akan menjadi penyedia likuiditas dalam transaksi.

Pada dasarnya, sekuritas pemilik adalah penjual utama dari jenis ETF tersebut. Oleh karena itu jika ada transaksi di pasar primer, penjualan harus melalui pihak penjual utama.

Beberapa ETF Membayar Dividen

Ada beberapa ETF yang bisa memberikan dividen kepada investor. Akan tetapi hal yang harus diingat adalah nominal dividen yang jauh lebih kecil daripada saham blue chip.

Baca Juga  Pengertian Reksa Dana Pendapatan Tetap
manfaat etf

Sejarah dan Manfaat ETF Bagi Para Investor

harga obligasi tertekan pemulihan ekonomi

Pemulihan Ekonomi 2020 Dinilai Sulit