in

Pengertian Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap
Photo by nattanan23 on Pixabay

Reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang sedang booming dalam beberapa tahun belakangan ini. Ada 4 jenis dari reksa dana yang ada di Indonesia. Salah satu jenis reksa dana yang memiliki imbal hasil cukup tinggi adalah reksa dana pendapatan tetap. Lalu apakah pengertian dari reksa dana tersebut? Berikut penjelasannya.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya pahami dulu apa itu reksa dana. Dikutip dari Lifepal, reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang dipergunakan untuk mengumpulkan dana. Dana yang telah dikumpulkan oleh masyarakat akan dikelola kembali oleh Manajer Investasi (MI). MI akan mengelola dana tersebut dalam bentuk portofolio efek.

Dalam pengelolaan reksa dana pendapatan tetap, hampir sebagian dana akan dialokasikan untuk efek yang memiliki bentuk utang. Utang yang dipilih biasanya adalah utang yang memiliki jangka waktu panjang. Oleh karena itu, reksa dana jenis ini akan berinvestasi pada obligasi.

Obligasi yang dipilih adalah obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan swasta atau oleh pemerintah. Reksa dana ini disebut reksa dana pendapatan tetap karena adanya imbal hasil yang diberikan juga cukup stabil dan adanya kupon rutin per bulan.

Baca Juga  4 Investasi Safe Haven Selama Corona Belum Mereda

Karakteristik Reksa Dana Pendapatan Tetap

Ada beberapa karakteristik khusus yang dimiliki oleh reksa dana ini, antara lain adalah:

  1. Bebas dari Pajak Oblgasi. Karakteristik yang paling menonjol dari investasi ini adalah tidak adanya pajak obligasi yang diterima. Keuntungan yang anda terima sama seperti membeli obligasi, namun tidak dipotong pajak sebesar 10 persen.
  2. Imbal Hasil Tidak Tetap. Nilai dari reksa dana ini bisa merosot karena adanya faktor yang mempengaruhi. Harga reksa dana ini akan berubah jika terjadi perubahan kondisi ekonomi regional maupun global. Selain itu, jika suku bunga dinaikkan oleh bank sentral, nilai obligasi ini juga bisa merosot.
  3. Cocok untuk Jangka Menengah. Investasi ini akan memberikan hasil yang optimal jika dilaksanakan dalam jangka menengah atau sekitar 3 tahun. Hal ini dikarenakan dalam tiga tahun NAB (Nilai Aktiva Bersih) reksa dana ini sudah stabil. Meskipun semisal terjadi perubahan, perubahan yang diberikan juga tidak besar.

 

Pelaku pasar valuta asing

Jenis Pelaku Pasar Valuta Asing yang Anda Harus Tahu

Equity Crowdfunding

Equity Crowdfunding, Investasi Mirip Bisnis