in

Kelebihan Melakukan Equity Crowdfunding

Kelebihan equity crowdfunding
Photo by fancycrave1 on Pixabay

Equity crowdfunding adalah jenis crowdfunding yang baru saja tumbuh di Indonesia. Dalam crowdfunding ini, anda akan menjadi bagian dari pemilik usaha jika anda melakukan investasi di perusahaan tersebut. Walaupun tergolong jenis investasi baru, namun investasi ini memiliki keuntungan yang tidak boleh dihiraukan. Berikut adalah kelebihan equity crowdfunding seperti yang dikutip dari digitalis.id.

Kelebihan Equity Crowdfunding

Biasanya, investor harus memberikan amsukan-masukan atau memberikan kontrol dalam bergeraknya suatu perusahaan. Akan tetapi, dalam investasi ini cukup berbeda. Investor hanya memberikan modalnya saja dan perusahaan tidak memiliki hak untuk memberikan ‘setir’ yang dimiliki untuk investor.

Melakuka fundraising ini juga dinilai cukup mudah daripada melakukan Venture Capital (VC). Crowdfunding berhasil memberikan kemudahan bagi pemilik perusahaan untuk memperoleh pendanaan daripada melalui VC. Dalam pendanaan VC, perusahaan harus memiliki potensi pertumbuhan yang sangat cepat. Selain itu jumlah VC yang ada juga lebih sedikit daripada jumlah perusahaan yang ingin mengajukan dana.

Keuntungan lain yang didapatkan oleh pengusaha adalah peluang untuk melakukan test market terlebih dahulu. Dalam crowdfunding, perusahaan harus mempresentasikan produk yang dimiliki agar banyak investor yang mau berinvestasi terhadap perusahaan tersebut. Setelah melakukan presentasi produk, perusahaan bisa mendapatkan masukan agar bisa meningkatkan kualitas produknya sehingga investor yang ingin berinvestasi juga makin banyak.

Baca Juga  Bisakah Emas Dijadikan Investasi Jangka Pendek?

Crowdfunding ini juga bisa memberikan manfaat bagi banyak orang, baik secara regional maupun secara global. Ketika seseorang mengikuti investasi jenis ini, mereka akan melakukan investasi yang sepaham dengan mereka atau dengan komunitasnya sendiri. Hal ini bisa memberikan pengaruh positif, yaitu terbangunnya ekonomi yang berjalan dengan sehat dan tahan lama.

Dengan semakin berkembangnya teknologi modern yang ada, orang-orang dari berbagai belahan dunia dengan visi yang sama juga bisa melakukan pendanaan terhadap produk tersebut. Hal ini bisa nmembantu pengusaha yang ingin melakukan pendanaan terhadap suatu produk, namun memiliki kondisi regional yang kurang menguntungkan.

 

Equity Crowdfunding

Equity Crowdfunding, Investasi Mirip Bisnis

Cara yang paling mudah untuk kembali menguatkan nilai rupiah adalah  adalah dengan menghindari membeli produk impor dan berpindah membeli produk asli dalam negeri

6 Tujuan Investasi yang Harus Dipahami Investor Pemula