in

6 Tujuan Investasi yang Harus Dipahami Investor Pemula

Cara yang paling mudah untuk kembali menguatkan nilai rupiah adalah  adalah dengan menghindari membeli produk impor dan berpindah membeli produk asli dalam negeri

Sebelum menginvestasikan uang Anda, sebaiknya pahami dulu apa tujuan investasi yang akan digeluti. Hal ini penting bagi investor pemula agar tidak terjebak pemahaman yang sempit tentang investasi.

Pengertian investasi adalah penanaman modal yang berpotensi membuahkan keuntungan di kemudian hari. Untuk berinvestasi yang jelas dibutuhkan modal, yang selain berupa uang juga bisa berupa emas, atau yang lainnya sesuai dengan jenis investasinya.

Memang, sekilas terlihat menguntungkan karena potensi mendatangkan keuntungan terbuka lebar. Namun, bukan berarti tak ada risiko yang harus ditanggung jika memutuskan mengalokasikan uang untuk investasi.

Meski demikian, jangan cuma dilihat risikonya saja yang tidak sedikit. Lihat pula manfaat jika Anda berinvestasi. Manfaat ini mungkin tidak cuma dirasakan saat ini, kecuali investasi jangka pendek. Manfaatnya bisa Anda petik di masa depan, khususnya investasi jangka panjang.

Lalu, Apa Saja Tujuan Investasi?

1. Pendapatan Tetap

Dalam dunia ekonomi, pendapatan tetap bukan cuma dari gaji. Hasil dari investasi juga bisa digolongkan sebagai pendapatan tetap. Bahkan, ada jenis investasi yang bisa menjadi pendapatan pasif yang akan terus mengalir, sekalipun Anda tidak memiliki sumber pendapatan lainnya.

Baca Juga  Tidak Memandang Gender, Wanita pun Berhak Berinvestasi

Dengan berinvestasi, Anda bisa mendapatkan pendapatan tetap dalam setiap periode tertentu. Pendapatan ini beragam bentuknya, antara lain berupa bunga, royalti, deviden, uang sewa, dan lain-lain.

2. Sumber Dana Khusus

Hasil dari investasi juga bisa Anda jadikan sumber dana khusus atau dana darurat. Seperti diketahui, kebutuhan setiap orang berbeda-beda, kadang ada pula yang memiliki kebutuhan mendadak. Karenanya, Anda harus menyiapkan dana darurat ini.

Dengan berinvestasi, Anda bisa memanfaatkan hasilnya sebagai sumber dana untuk kepentingan khusus. Kepentingan khusus itu misalnya untuk berobat (di mana sakit tidak bisa diprediksi waktunya), kecelakaan, atau musibah lainnya.

3. Mengontrol Perusahaan Lain

Investasi juga bisa Anda pakai sebagai alat untuk kepentingan mengontrol perusahaan lain. Caranya, cukup dengan menginvestasikan uang Anda dengan cara membeli saham perusahaan tersebut.

Dengan menguasai saham mayoritas, Anda bakal punya pengaruh dalam mengatur arah kebijakan perusahaan tersebut. Anda bakal dilibatkan dalam pengambilan keputusan melalui kepemilikan ekuitas perusahaan tersebut.

4. Menjamin Kepentingan Perusahaan

Setiap perusahaan pasti punya kepentingan, termasuk kepentingan pada perusahaan lainnya. Investasi yang dilakukan pada perusahaan lain bisa jadi bakal memperlancar kepentingan tersebut.

Baca Juga  5 Aplikasi Saham untuk Investor Pemula

Misal, setelah melakukan investasi, perusahaan Anda bakal mendapatkan jaminan ketersediaan bahan baku yang perusahaan tempat menginvestasikan uang tersebut. BIsa juga perusahaan tempat investasi itu dijadikan sebagai pembuka jalan untuk memasarkan produk perusahaan.

5. Mengurangi Persaingan Usaha

Berinvestasi juga dapat mengurangi persaingan usaha antar perusahaan. Utamanya persaingan di antara perusahaan dengan jenis usaha atau yang punya produk yang sama.

Dengan menginvestasikan uang ke perusahaan tertentu, pastinya Anda semestinya tidak akan bersaing dengan perusahaan tersebut. Sebab, keuntungan perusahaan tersebut dipastikan menjadi keuntungan bagi Anda juga, sehingga mana mungkin menghentikan keuntungan sendiri secara tidak langsung.

6. Menjaga Hubungan Baik

Ada pula pemilik perusahaan menanamkan investasinya ke perusahaan lain dengan tujuan menjaga hubungan baik. Relasi ini penting demi kepentingan mengembangkan jaringan bisnis daripada sekadar bersaing.

Bisa jadi, perusahaan Anda bakal mendapatkan proyek demi proyek dari perusahaan tempat berinvestasi tersebut. Tentu saja hal ini bakal menjadi keuntungan tambahan bagi perusahaan Anda.

Kelebihan equity crowdfunding

Kelebihan Melakukan Equity Crowdfunding

Karyawan Non-Muslim Berhak Atas THR Juga

Investasi Jangka Pendek, Cara Cepat Memutar Uang