in

Sosok Investor Apresiasi Modal yang Patut Dikenali

Cara Menghabiskan THR Lebaran Ala Pria
Pria memegang uang THR (C) SHUTTERSTOCK

Ada sejumlah jenis investor yang patut diketahui, salah satunya Investor Apresiasi Modal. Sebelum memutuskan menjadi investor jenis ini, sebaiknya Anda harus mengenali dulu seperti apa sosoknya.

Yang dimaksud investor dalam dunia keuangan adalah seseorang atau lembaga yang melakukan usaha berinvestasi, baik domestik atau non domestik. Investasi ini merupakan kegiatan penanaman modal dalam bentuk yang sesuai dengan jenis investasi yang dipilih. Ada dua pilihan periode investasi, yakni dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

Langkah pertama, seorang investor pasti akan terlebih dulu mengukur Return of Investment (ROI) standar alias laba atas investasi. ROI ini merupakan rasio profitabilitas yang berfungsi mengukur efisiensi sebuah investasi dengan membandingkan laba bersih dengan total biaya atau modal yang diinvestasikan. Jika nilai ROI positif, maka kesimmpulannya bakal menguntungkan, berlaku pula kebalikannya.

Lalu, Seperti Apa Sosok Investor Apresiasi Modal?

Jika diartikan secara harfiyah, Apresiasi bermakna penghargaan. Sementara, Modal adalah uang awal yang dimiliki seorang investor. Investor Apresiasi Modal merupakan investor yang memilih investasi jangka panjang.

Baca Juga  5 Cara Investasi Emas yang Menguntungkan

Sasaran mereka adalah memburu pertumbuhan apresiasi modal selama periode waktu yang sangat panjang. Yang dimaksud apresiasi atau penghargaan di sini adalah peningkatan nilai. Banyak investor yang tidak tertarik pada pertumbuhan per se. Namun, mereka justru mencari pertumbuhan untuk membangun nilai dalam jangka panjang.

Lalu, apa contoh jenis investasi satu ini? Misalnya, mencakup uang yang ditempatkan dalam rencana 401 (k) atau IRA (Individual Retirement Account).

perusahaan pinjol RI

Perusahaan Pinjol RI Disuntik Dana Investor Asing

Wah, THR Lebaran Bisa Tertunda Sampai Akhir Tahun 2020

Sosok Investor Nilai yang Patut Diketahui