in

Sosok Investor Pendapatan yang Patut Dipahami

Karyawan Paruh Waktu Berhak Atas THR Juga
Karyawan pegang uang THR (C) SHUTTERSTOCK

Ada sejumlah jenis investor yang patut diketahui, salah satunya Investor Pendapatan. Apa bedanya dengan jenis investor yang lain? Sebelum memutuskan menjadi investor jenis ini, Anda sebaiknya memahami dulu seperti apa sosoknya.

Yang dimaksud investor dalam dunia keuangan adalah seseorang atau lembaga yang melakukan usaha berinvestasi, baik domestik atau non domestik. Investasi ini merupakan kegiatan penanaman modal dalam bentuk yang sesuai dengan jenis investasi yang dipilih. Ada dua pilihan periode investasi, yakni dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

Langkah pertama, seorang investor pasti akan terlebih dulu mengukur Return of Investment (ROI) standar alias laba atas investasi. ROI ini merupakan rasio profitabilitas yang berfungsi mengukur efisiensi sebuah investasi dengan membandingkan laba bersih dengan total biaya atau modal yang diinvestasikan. Jika nilai ROI positif, maka kesimmpulannya bakal menguntungkan, berlaku pula kebalikannya.

Lalu, Seperti Apa Sosok Investor Pendapatan?

Investor pendapatan punya tujuan yang pastinya berbeda dengan investor jenis lainnya. Investor jenis ini fokus mencari pemasukan dan modal yang dapat diandalkan.

Baca Juga  Berikut Investasi Yang Berdiri Kokoh Meskipun Diterjang Badai Inflasi

Apa maksudnya bisa diandalkan? Investor satu ini umumnya bakal memilih saham blue chip. Apa itu saham blue chip? Saham ini bakal menghasilkan dividen yang dapat diandalkan oleh si pemilik saham tersebut.

Mereka bakal sering berinvestasi dalam obligasi. Jenis investasi tersebut dinilai relatif stabil, sehingga meyakinkan mereka. Terlebih, risiko yang lebih kecil, menjadi daya tarik tersendiri.

Investasi di bidang obligasi ini disebut juga investasi defensif. Alasannya? Sebab, investasi ini punya volatilitas yang relatif dan pembayarannya stabil.

ekonomi pulih

Ekonomi Pulih, Pemerintah Kudu Bayar Pelebaran Defisit

Jam Buka Pasar Trading Forex Sesi Asia

Cara Menghitung Return of Investment (ROI)