in

5 Saham Blue Chip Terbaik di Indonesia Tahun 2020

5 Saham Blue Chip Terbaik di Indonesia Tahun 2020

Yang dimaksud saham blue chip adalah saham yang dikenal paling potensial memberikan keuntungan berupa dividen yang dapat diandalkan karena nilainya stabil dan risikonya kecil. Lalu, apa saja saham blue chip terbaik di Indonesia tahun 2020 ini?

Saham jenis ini sangat cocok untuk para investor pemula yang baru terjun di dunia persahaman. Saham perusahaan ini sudah jelas mumpuni di bursa, dan terbukti punya rekam jejak konsisten dalam rentang waktu panjang. Tentunya, hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi para investor pemula.

Satu lagi, saham jenis ini sangat kecil kemungkinan untuk digoreng harganya. Sebab, kapitalisasi saham ini sangat besar dan likuid. Karenanya, potensi kerugian saat membeli saham jenis ini bisa dibilang kecil sekali.

Lalu, Apa Saja Saham Blue Chip Terbaik di Indonesia Tahun 2020?

1. Bank BCA (BBCA)

Bank Central Asia (BCA) punya saham yang biasa disebut BBCA. Saham BBCA merupakan saham dengan kapitalisasi terbaik di bursa efek Indonesia saat ini. Ada sejumlah faktor yang menjadikan BBCA sebagai saham dengan nilai kapitalisasi terbesar. Prestasi itu merupakan salah satu hasil dari kerja keras para investor kepada saham BCA.

Baca Juga  Awas! Begini Modus Penipuan Investasi Emas Melalui Money Games!

Hingga saat ini, BCA masih menjadi bank terbaik di Indonesia dengan kemampuan menghasilkan profit yang mengagumkan. Memang, bank satu ini bukanlah pemilik aset terbesar (karena dipegang Bank Mandiri). Bank ini juga bukanlah pemegang penghasil profit terbesar (karena dipegang Bank BRI).

Namun, BCA memiliki kemampuan memberikan profit terbaik untuk para pemegang saham. Selain itu, rasio antara aset dengan profitnya juga terbaik. Karenanya, bisa dikatakan bank ini paling efisien dalam pengelolaan dari sisi profitability dan kualitas pinjaman (dengan non-performing loan rendah).

2. Unilever (UNVR)

UNVR merupakan kode untuk saham milik Unilever Indonesia. Perusahaan produsen consumer goods terbesar dan terbaik di Indonesia. Nilai saham Unilever ini bagus lantaran memiliki sejumlah merek dagang yang kuat. Produk mereka terkenal, tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di dunia. Sebut saja Rexona, Royco, Rinso, dan lain-lain.

Indonesia menjadi pasar yang potensial bagi produk-produk Unilever karena memiliki pertumbuhan populasi penduduk yang besar dalam beberapa tahun ke depan. Terlebih, masyarakat Indonesia memiliki sifat konsumtif dan cenderung ‘mendewakan’ produk luar negeri. Karenanya, saham UNVR pun turut memiliki potensi yang bagus.

Baca Juga  Mahasiswa Investasi? Pelajari Pilihannya

3. Bank BRI (BBRI)

Selain BCA, saham milik Bank BRI, atau yang punya kode BBRI juga bisa menjadi saham pilihan terbaik bagi investor pemula. Seperti yang sudah disebutkan di atas, BRI merupakan bank dengan profit terbesar di Indonesia. Bank ini fokus pada pembiayaan kredit usaha mikro, kecil dan menengah, yang pasarnya terbilang potensial di Indonesia.

Bank ini memiliki pengalaman yang sangat panjang dan kemampuang manajemen kredit UMKM paling bagus, karena BRI sudah berusia lebih dari 100 tahun. Tak heran, sejumlah kompetitor kesulitan dan angkat tangan melawan BRI di bursa saham.

4. Telkom (TLKM)

Saham Telkom dengan kode TLKM juga bisa mnejadi pilihan Anda. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu BUMN terbesar lantaran sudah dikenal masyarakat Indonesia.

5. Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP)

Indofood juga memiliki nilai saham yang terbilang unggulan di bursa Indonesia. Dengan kode ICBP, saham perusahaan ini kuat lantaran memiliki sejumlah merek dagang yang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Baca Juga  4 Aplikasi Penunjang Bitcoin untuk Pemula

Perusahaan ini merupakan produsen mie instan terkenal di Indonesia, yakni Indomie, yang sudah berusia 30 tahun. Sang pemilik, Salim Group juga dikenal memiliki gurita bisnis di sejumlah bidang, yang turut memperkuat saham perusahan ini.

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 8 Juni 2020

Cara Membeli Saham Blue Chip Bagi Investor Pemula

Cara Membeli Saham Blue Chip Bagi Investor Pemula