in

Dinilai Paling Aman, ini Resiko Deposito yang Wajib Diketahui

Mempelajari resiko investasi deposito adalah perkara yang tidak boleh kita lewati sebelum akhirnya memutuskan untuk investasi.

Mempelajari resiko investasi deposito adalah perkara yang tidak boleh kita lewati sebelum akhirnya memutuskan untuk investasi. Setelah mengetahui berbagai manfaat menggiurkan yang ditawarkan oleh investasi deposito, dalam artikel ini kamu berikan resiko investasi deposito.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 4 resiko atau kelemahan investasi deposito:

1. Hasil imbal yang rendah

Deposito memang dikatakan sebagai bentuk instrumen investasi yang paling aman. Namun sebagai gantinya, hasil imbal yang mungkin diberikan dari deposito lebih rendah atau bisa dikatakan paling rendah dari semua bentuk investasi baik saham maupun obligasi.

Baca juga: Wajib Anda Ketahui, Berikut 4 Manfaat Deposito

2. Deposito lemah terhadap inflasi

Jika terjadi inflasi yang sangat tinggi, maka setinggi apaqpun nilai bunga yang diberikan tak akan ada artinya. Sebagai contoh Indonesia pernah dilanda inflasi pada tahun 2013 dengan angka yang mencapai 5,9% sementara rata-rata dari suku bunga pada saat deposito adalah 3,5% hingga 5,5%.

Hanya sajan jumlah tersebut belum termasuk dalam potongan pajak senilai 20% dari bunga untuk nilai deposito diatas 7,5%.

Baca Juga  5 Cara Investasi Emas yang Sesuai Bujet

Dengan begitu niloai bunga tak akan memiliki pengaruh apapun untuk nilai pokok Anda dan tidak akan menambah keuntungan apapun.

3. Nilai investasi yang tidak akan bertambah

Perlu diketahui jika tidak akan ada cara apapun untuk bisa meningkatkan nilai dari investasi khususnya deposito. dikutip dari koinworks.comHal ini disebabkan karena tidak adanya kesempatan untuk nasabah terlibat langsung dalam pengelolaan dana itu.

Baca juga: Pengaturan Finansial Jadi Kunci Hidup Bahagia di Masa Tua, Sudahkah Anda Pikirkan?

4. Tidak Ada Fleksibilitas Mengakses Tabungan Anda

Karena uang Anda terkunci di bank, kerapkali selama berbulan-bulan (bahkan kadang bertahun-tahun), Anda kehilangan fleksibilitas untuk mengakses uang itu layaknya rekening tabungan biasa (yang bisa Anda akses tiap hari).

Kalau Anda menarik uang dari deposito Anda sebelum tanggal jatuh tempo, Anda akan dikenai denda berupa hilangnya bunga atau pembayaran biaya penalti.

Semoga informasi mengenai keuntungan dan kerugian deposito bank ini bisa membantu Anda. Untuk memutuskan jenis simpanan yang terbaik, anda harus mempelajarinya dengan teliti. Sehingga  Anda bisa memanfaatkannya untuk masa depan.

Baca Juga  Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Investasi Asuransi Unit Link

Tinggalkan Balasan

10 Trader Terbaik di Indonesia

mendaftarkan merek dagang

6 Cara Memilih Perusahaan Sekuritas