in

6 Cara Memilih Perusahaan Sekuritas

mendaftarkan merek dagang
Cara Memilih Perusahaan Sekuritas

Bagi calon investor yang ingin menginvestasikan uang di dunia pasar modal, wajib hukumya untuk mengetahui cara memilih perusahaan sekuritas terbaik. Sudah tahu kan apa itu perusahaan sekuritas?

Baca juga Berkenalan dengan Perusahaan Sekuritas

Perusahaan efek memiliki peranan penting dalam transaksi investor. Mereka yang merupakan anggota dari bursa efek memiliki lisensi untuk menjual belikan efek atau saham. Ada lebih dari 100 perusahaan sekuritas yang tercatat di situs IDX.

Agar Anda tidak bingung dalam menentukan perusahaan sekuritas mana yang terbaik dan kredibel, berikut 6 Cara Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik dari Pikiran Trader :

1. Perhatikan setoran awal yang diberlakukan

Transaksi saham sangat berbeda dengan transaksi jual beli pada umumnya. Untuk membeli saham itu sendiri, Anda tentu harus menyertakan setoran deposito di awal.

Deposit ini sama halnya seperti ketika kita menggunakan uang elektronik (e-money). Jadi apabila di awal Anda mendepositkan uang Rp1.000.000, kemudian Anda membeli 2 lot saham perusahaan X otomatis saldo akan terpotong.

Dari sekian banyak perusahaan sekuritas di Indonesia, masing-masing perusahaan meeka mempunyai kebijakan yang berbeda soal deposit dana. Ada yang bisa dengan Rp100.000 saja, ada juga yang Rp5.000.000.

Baca Juga  Waspada! Penipuan Pialang GCG Asia Merugikan Masyarakat

Jangan sampai karena pengaruh orang terdekat yang mengatakan bahwa sekuritas X adalah yang terbaik, tapi untuk setoran awal mewajibkan top up sebesar Rp 10.000.000 malah membuat Anda merasa keberatan. Pilih yang sesuai dengan kenyamanan dan dana yang dimiliki. Besar kecilnya setoran ini tentu karena segmen pasar yang berbeda dari masing-masing perusahaan sekuritas.

2. Pilih yang biaya transaksinya kecil

Sama halnya ketika Anda menabung di bank, transaksi saham juga ada baiayanya, lho. Setiap adanya transaksi jual beli, pasti ada komisi yang didapat oleh broker. Nilainya pun beragam. Mulai dari 0,15 % untuk transaksi beli dan 0,25 % untuk transaksi jual. Setiap perusahaan sekuritas memiliki aturannya masing-masing.

Untuk poin yang satu ini, Anda harus jeli dalam menentukan pilihan. Jangan sampai karena biaya tiap transaksi yang besar, keuntungan transaksi saham Anda menjadi berkurang.

3. Memiliki fasilitas transaksi online

Para investor kekinian pasti akan mempertimbangkan fasilitas ini. Di era digital ini, perusahaan sekuritas berlomba-lomba untuk menyediakan fasilitas transaksi online saham terbaik. Fasilitas transaksi online ini bisa dinikmati dalam bentuk aplikasi dekstop dan gawai.

Baca Juga  Investasi dan Spekulasi, Apa Perbedaannya? (3)

Dengan adanya fasilitas ini, transaksi saham menjadi semakin mudah. Dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun, bahkan Anda bisa bertransaksi sambil minum teh di rumah. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan kemudahan dan kelengkapan fitur dari aplikasi tersebut. Seperti fitur berita, grafik saham dan indikator, informasi tentang emiten serta informasi portofolio Anda.

4. Mudah dalam urusan buka rekening

Beberapa perusahaan sekuritas memberikan fasilitas berupa kemudahan bagi calon investor dalam membuka rekening. Anda dapat membuka rekening dana nasabah tanpa perlu datang ke kantor.

Cukup dengan mengisi formulir online, Anda akan mendapat email berupa formulir yang harus diisi. Setelah formulir serta persyaratan lain telah dicetak dan lengkap, kurir akan mengambil berkas tersebut atau Anda sendiri yang mengirimkan melalui jasa ekspedisi.

Data akan diproses oleh perusahaan sekuritas dan silakan tunggu untuk mendapat konfirmasi password untuk login ke aplikasi perusahaan sekuritas pilihan Anda. Setelah proseslogin berhasil, And bisa langsung deposit ke rekening dana nasabah dan mulai investasi.

5. Data realtime yang diberikan, gratis

Jika Anda berencana untuk menjadi trader saham yang tidak hanya menabung dan menunggu profit saja, maka Anda harus memilih perusahaan yang menyajikan data realtime. Jadi ketika Anda melakukan trading saham, data di aplikasi yang dimilki harus bersifat realtime. Dan alangkah baiknya jika layanan tersebut bisa Anda dapatkan dengan cuma-Cuma.

Baca Juga  Jenis - jenis Saham yang Ditawarkan di Pasaran

6. Perusahaan sekuritas yang baik, tentunya bersih dari catatan buruk

Tidak sedikit perusahaan sekuritas besar dan ternama yang luput dari catatan dan teguran dari Bursa Efek Indonesia. Seperti PT Mandiri Sekuritas, PT Maybank Kim Eng Sekurits dan CIMB Sekuritas pernah mendapat teguran.

Jika dari awal Anda sudah tahu bahwa perusahaan tersebut sudah masuk daftar hitam pasar, jangan pernah terbuai untuk investasi melalui mereka. Sebaiknya Anda mencari tahu informasi calon perusahaan sekuritas tambatan hati di media. Cek juga legalitas mereka di website resmi Otoritas Jasa Keuangan. Pilih perusahaan sekuritas yang resmi terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.

Pastikan memilih perusahaan sekuritas terbaik dengan 6 karakteristik di atas ya.

Baca juga Perusahaan Startup, Ini 5 Cara Mendapatkan Investor

Tinggalkan Balasan

Dinilai Paling Aman, ini Resiko Deposito yang Wajib Diketahui

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Content Marketing untuk Bisnis