in

Inilah Keunggulan Investasi Saham

Investasi saham merupakan salah satu langkah bagi Anda untuk menyimpan uang guna masa depan. Bukan hanya menyimpan, Anda pun akan mendapatkan keuntungan dari investasi saham tersebut. Selain itu, investasi saham juga menjadikan Anda turut serta memiliki emiten yang Anda beli sahamnya, lho. Menyenangkan bukan?

Baca juga: Investasi Saham: Pengertian dan Jenisnya

Seperti emiten sekaliber PT Gudang Garam Tbk yang terdaftar di bursa saham (IDX) sebagai GGRM. Harga satu lembar sahamnya per Senin, 1 April 2019 ini mencapai Rp82.800. Jika ditanya kawan atau relasi, Anda bisa dengan bangga disebut sebagai salah satu investor PT Gudang Garam.

Membeli saham artinya Anda memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. Maka di akhir tahun buku, Anda berhak mendapatkan keuntungan berupa dividen perusahaan.

Selain hak kepemilikan dan pembagian keuntungan perusahaan, pergerakan saham juga menjadi sumber keuntungan lain dari investasi saham. Apa itu pergerakan saham? Nilai sebuah perusahaan akan berubah seiring berubahnya aset, keuntungan, modal dan terutama sentimen pasar. Sehingga nilai suatu emiten akan berubah dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh, jika pada 31 Maret 2009 harga per lembar saham GGRM adalah Rp5.850 maka sepuluh tahun kemudian pada 31 Maret 2019 seharga Rp 82.800 per lembarnya.

Artinya, jika Anda membeli saham GGRM pada awal tahun 2009 dan menyimpannya sampai hari ini (April 2019), maka Anda akan mendapatkan dividen perusahaan setiap tahunnya. Keuntungan dari pergerakan saham yang didapatkan selama 10 tahun adalah Rp82.800 – Rp5.850 = Rp 76.960. Total keuntungan yang akan diperoleh adalah 10x dividen perusahaan ditambah Rp 76.960 per lembarnya.

Baca Juga  Trading Forex dan Emas Online. Keuntungan dan Kerugian

Keuntungan yang menggiurkan tersebut pasti dibarengi dengan resiko-resiko kerugian dari investasi (high risk high return) . Anda bisa mengalami kerugian jika harga saham mengalami penurunan. Namun Anda tidak perlu khawatir jika perusahaan mengalami kerugian, Anda tidak perlu menanggung kerugian perusahaan tersebut.

Lalu, apa saja sih keunggulan investasi saham?

1. Tidak ada batasan minimal modal

Modal minimal untuk memulai transaksi lebih rendah. Hal ini menjadikan investasi saham unggul dibandinglan dengan instrumen investasi lainnya. Dengan Rp50.000 pun Anda sudah bisa membeli satu lot saham WSBP (Waskita Beton Precast Tbk) lho. Pada 1 April 2019 saham WSBP ditutup pada harga Rp414 per lembarnya. Dengan modal yang minimal siapapun bisa berinvestasi saham.

[nextpage]

2. Cocok untuk siapa saja

Selain modal yang rendah untuk memulai investasi, investor pasar saham tidak perlu memiliki pengetahuan finansial atas produk investasi secara mendalam. Karena itu investasi saham cocok untuk semua jenis investor. Mulai dari pegawai, wiraswasta, ibu rumah tangga, pensiunan sampai pelajar dan mahasiswa semuanya bisa investasi di pasar saham. Cukup memilih perusahaan sekuritas dan emiten yang dipercaya akan tumbuh dan tidak bangkrut, Anda bisa memulai investasi saham.

Baca Juga  Mantap! 4 Hari IHSG Menghijau

[nextpage]

3. Return yang paling tinggi

Jika tepat dalam memilih saham sebuah emiten, maka investasi saham akan memberikan keuntungan besar dalam jangka panjang bagi Anda dibanding instrumen investasi lain. Seperti yang telah dicontohkan di atas, jika Anda membeli saham Gudang Garam pada tahun 2009 dan menyimpannya selama 10 tahun, maka Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp76.960. Nilai per lembar saham GGRM saat ini adalah Rp82.800 artinya saham Anda naik 14 kali lipat selama 10 tahun. Potensi keuntungan yang tidak dapat ditandingi oleh instrumen investasi lain.

[nextpage]

4. Investasi saham memiliki likuiditas tinggi

Faktor keempat mengapa investasi saham lebih unggul dan menguntungkan adalah karena sifatnya yang sangat likuid. Bagaimana tidak? Hanya berinvestasi di bursa efek Anda dapat mencairkan puluhan Milyar dalam hitungan menit bahkan detik. Sangat berbeda jika Anda berinvestasi di bidang lain seperti properti. Dimana likuiditas aset sering menjadi masalah. Semisal Anda memiliki properti senilai 10 Milyar dan ingin menjualnya, akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan pembeli yang berminat. Bahkan setelah mendapatkan pembeli pun akan memakan waktu yang lama untuk prosesnya.

[nextpage]

5. Mendapat dividen

Dalam berinvestasi saham, selain akan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham (capital gain) sebagai investor Anda akan mendapatkan dividen dari perusahaan. Investor berhak atas keuntungan perusahaan yang dibagikan dalam bentuk dividen setiap tahunnya.

Baca Juga  Hendak Mencairkan Deposito Sebelum Jatuh Tempo? Tunggu, Perhatikan Resikonya

Namun keuntungan yang diperoleh tidak terlalu besar karena perusahaan tidak membagikan seluruh keuntungannya untuk pemegang saham. Terkadang sebagian atau keseluruhan keuntungan akan diinvestasikan kembali oleh perusahaan untuk meningkatkan aset dan keuntungan di masa mendatang.

[nextpage]

6. Fee transaksi yang rendah

Biaya setiap transaksi yang Anda keluakan dalam investasi saham tidak terlalu tinggi. Berkisar antara 0,15% – 0,20% dari total transaksi pembelian dan 0,25% – 0,30% dari total transaksi penjualan termasuk pajak. Nilai ini sangat kecil jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Sebagai contoh jika Anda membeli saham pada harga Rp1.000 per lembar senilai 100 juta. Anda menjualnya 7 bulan kedepan dengan harga per lembar Rp1.700, fee yang dibayarkan untuk transaksi tersebut adalah : (0,15% x Rp100juta) + (0,25% x Rp170juta) = Rp 575.000. Sehingga keuntungan bersih yang diperoleh adalah Rp69.425.000 (fee hanya 0,8% dari keuntungan yang Anda peroleh).

[nextpage]

7. Kepuasan dalam berinvestasi

Sebagai seorang investor di perusahaan sebesar PT Gudang Garam, Anda akan mendapatkan kepuasan intelektual tersendiri. Anda bisa membayangkan jika ada relasi yang bertanya, maka dengan percaya diri Anda dapat menjawab bahwa Anda merupakan salah satu pemegang saham GGRM. Mendapatkan dividen setiap tahunnya dan menganilsa potensi perusahaan akan memberikan kepuasan. Hal inilah yang menarik para investor untuk berinvestasi di pasar saham.

Sudah paham bukan apa saja keunggulan dan keuntungan investasi saham? Yuk nabung saham.

 

Tinggalkan Balasan

jenis index saham

Investasi Saham: Pengertian dan Jenisnya

Dapatkan produk favorit Anda melalui e-auction!