in

Saham Biasa dan Preferen, Sudah Tahu Bedanya?

Saham Biasa dan Saham Preferen

Sebelum terjun ke dunia investasi saham, Anda harus mengenal terlebih dahulu segala sesuatu yang terkait dengan saham itu sendiri. Termasuk jenis-jenisnya dan perbedaan dari setiap jenis yang ada. Saham terbagi menjadi dua jenis, yaitu saham biasa dan saham preferen. Perbedaan saham biasa dan preferen pun cukup signifikan.

Baca juga Investasi Saham: Pengertian dan Jenisnya

Anda perlu memahami apa saja perbedaan antara keduanya. Sebab masing-masing saham memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi investor atau pemegang sahampun memiliki hak dan kewajiban yang berbeda. Dengan mempelajari kedua jenis saham tersebut sebelum Anda melakukan aktivitas transaksi jual beli, maka Anda tidak akan mendapatkan kesulitan saat terjun ke dunia pasar modal.

Perbedaan Saham Biasa dan Preferen

Dapat dijelaskan mengenai pengertian sekaligus kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis saham tersebut secara singkat sebagai berikut :

Saham Biasa

Saham biasa adalah saham yang memberikan tempat paling akhir kepada pemegangnya terhadap pembagian dividen serta hak kekayaan perusahaan apabila terjadi likuidasi pada perusahaan tersebut.

Baca Juga  12 Kriteria Jenis Indeks Saham yang Harus Anda Ketahui

Hal ini menunjukkan bahwa pemegang saham biasa tidak memiliki hak istimewa dalam sebuah perusahaan. Selain itu, ketidakistimewaan ini juga ditunjukkan dengan tidak didapatkannya dividen jika perusahaan tersebut tidak memiliki laba. Namun pemegang saham masih memiliki hak untuk bersuara atau menyampaikan pendapat untuk menentukan suatu keputusan penting di dalam sebuah perusahaan.

Pada intinya, pemegang saham biasa akan mendapatkan keuntungan jika perusahaan juga mengalami keuntungan. Namun jika perusahaan rugi maka pemegang saham biasa juga harus siap-siap untuk menerima kerugian. Saham jenis ini adalah saham yang paling terkenal di kalangan masyarakat luas.

Saham Preferen

Berbeda dari saham biasa, saham preferen memiliki nilai yang lebih berharga. Sebab pemilik atau pemegang saham preferen akan memiliki hak-hak yang lebih menguntungkan daripada hak-hak pemegang saham biasa.

Pemegang saham preferen berhak untuk mendapatkan dividen terlebih dahulu. Sehingga hal ini menjadikan pemegang saham preferen berada dalam posisi aman saat perusahaan jatuh. Sebab pemegang saham ini tidak akan mengalami kerugian sebanyak pemegang saham biasa. Selain itu pemegang saham ini memiliki hak suara lebih banyak dibandingkan dengan pemegang saham biasa.

Baca Juga  7 Risiko Investasi Yang Wajib Anda Ketahui (1)

Demikian beberapa perbedaan saham biasa dan saham preferen dilihat dari hak-hak pemegangnya.

Baca juga Inilah Keunggulan Investasi Saham

Tinggalkan Balasan

Elevation Trading Challenge 2019

Anda Seorang Trader? Ikuti Kontes Elevation Trading Challenge 2019!!

Memulai bisnis online

3 Hal yang Wajib diketahui sebelum Memulai Bisnis Online