in ,

Keuntungan dan Kerugian Investasi Asuransi Unit Link

Investasi Asuransi Unit Link

Pada tulisan sebelumnya beberapa kali Anda temukan istilah investasi pada Asuransi Unit Link. Asuransi unit link sangatlah menggirukan karena asuransi jenis ini menawarkan dua keuntungan sekaligus dalam satu paket. Keuntungan apa saja yang ditawarkan?

Asuransi unit link menawarkan dua keuntungan berupa proteksi dan investasi. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi mereka yang sedang mencari asuransi dan ingin berinvestasi.

Baca Juga 8 Faktor yang Mempengaruhi Investasi

Asuransi Unit Link Mempunyai Beberapa Keuntungan dan Kerugian

Setiap investasi selalu memiliki keuntungan dan kerugian begitu juga investasi asuransi unit link. Telah diketahui bahwa jenis asuransi ini menawarkan dua fasilitas dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan sekaligus, yaitu proteksi dan investasi.

Kedua hal tersebut akan coba kita bandingkan dengan jenis asuransi lain yaitu asuransi jiwa murni dengan investasi murni.

1. Dilihat dari segi proteksi

Fasilitas yang dimiliki oleh asuransi unit link sama dengan asuransi murni yang berupa proteksi dan manfaat yang sama. Fasilitas proteksi tersebut tentunya ditawarkan sesuai dengan ketentuan masing-masing. Namun biasanya produk asuransi murni memiliki tingkat  manfaat proteksi yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena asuransi murni hanya fokus pada satu produk.

Baca Juga  3 Tabungan Alternatif yang Anda Harus Tahu

Berbeda dengan asuransi unit link yang menawarkan dua keuntungan dalam satu paket. Selain itu biaya premi asuransi jiwa murni lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi unit link.

2. Dilihat dari segi investasi

Hasil investasi yang ditawarkan oleh asuransi unit link tentu saja tidak sebagus jika dibandingkan dengan Anda yang berinvestasi pada investasi murni. Namun di sisi lain, unit link lebih mudah karena Anda tidak perlu memiliki skill khusus untuk berinvestasi.

Lain halnya jika Anda berinvestasi pada investasi murni yang memerlukan skill khusus agar bisa mencapai keuntungan yang maksimal.

3. Dilihat dari segi masa berlaku polis

Salah satu kelebihan unit link yang menjadi daya tarik adalah masa berlaku untuk premi yang telah dibayarkan tidak hangus. Meskipun dalam kurun waktu tertentu tidak ada klaim sama sekali. Jadi uang yang sudah Anda bayarkan akan tetap utuh dan tersimpan dengan baik di perusahaan tersebut. Karena dalam asuransi jiwa murni, premi akan hangus jika tidak ada klaim sama sekali selama kurun waktu tertentu.

Baca Juga  Review Broker: Mandiri Sekuritas

Keuntungan lainnya dari unit link yang tidak dimiliki oleh asuransi jiwa murni adalah masa berlaku proteksi bisa sampai seumur hidup. Masa ini tergolong lama serta memberikan keuntungan lebih bagi pengguna asuransi unit link.

Unit link juga melindungi nasabahnya dengan memberikan fasilitas tambahan berupa asuransi untuk rawat inap, kecelakaan, cacat tetap dan sebagainya. Jadi jika Anda membeli asuransi unit link, Anda tidak perlu mencari asuransi tambahan untuk mendapatkan proteksi yang lebih maksimal.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian investasi asuransi unit link yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk Anda sebelum membeli polis asuransi unit link.

Baca Juga Tips Investasi Menguntungkan Bagi PNS

Tinggalkan Balasan

Cara Menemukan Nama Bisnis Yang Sempurna

Laris Manis, Ini 4 Tips Jualan Sukses di Market Place