in ,

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Investasi Asuransi Unit Link

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Berinvestasi pada Asuransi Unit Link

Setelah Anda mengetahui beberapa keuntungan dan kerugian asuransi unit link, perlu Anda pahami juga beberapa poin penting sebagai bahan pengetahuan umum untuk melakukan perbandingan tentang asuransi unit link, asuransi jiwa murni dan investasi murni. Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan sebelum berinvestasi pada Asuransi Unit Link

Pahami Risiko Asuransi Unit Link

Unit link bukan berarti bebas dari risiko. Namun unit link memiliki risiko yang harus ditanggung oleh nasabah ketika investasi yang dikelola oleh perusahaan mengalami kerugian. Yang perlu Anda ingat adalah unit link hanyalah sebagai perantara bagi nasabah yang tidak pandai dalam berinvestasi.

Pada unit link, dana nasabah akan dikelola dan dimasukkan dalam instrumen pasar modal. Ada kemungkinan akan mendapatkan nilai timbal bali atau return investasi yang dihasilkan lebih bagus jika dibandingkan dengan tabungan atau deposito.

Investasi unit link akan bergantung pada fluktuasi pasar modal. Sehingga nilai investasinya akan berubah sesuai perubahan yang terjadi pada pasar modal. Anda tidak perlu khawatir, karena unit link memiliki sifat fleksibilitas yang artinya nasabah masih mempunyai peluang untuk menambah, menari atau mengalihkan dana dengan mudah.

Baca Juga  Waspada! Penipuan Pialang GCG Asia Merugikan Masyarakat

Asuransi Unit Link Tidak Cocok Jika Hanya Fokus Pada Investasi Murni

Jika Anda hanya fokus untuk berinvestasi, maka asuransi unit link bukanlah tempat yang cocok untuk Anda. Karena asuransi unit link ada untuk dua keuntungan dan kepentingan sekaligus. Hal ini berarti investasi yang Anda lakukan di unit link tidak akan mendapatkan hasil semaksimal investasi murni. Fitur utama yang ditawarkan oleh unit link adalah keperluan proteksi, bukan investasi.

Anda dapat memilih alternatif investasi lain seperti Reksadana atau Saham jika menginginkan hasil investasi yang lebih menguntungkan dan lebih besar.

Asuransi Unit Link Sebagai Tabungan Jangka Panjang

Unit link cocok untuk nasabah yang memiliki tujuan utama mendapatkan keuntungan proteksi, dan hasil dari investasinya adalah sebagai bonus. Hal ini disebabkan karena Anda sebagai nasabah tidak memiliki kuasa apapun untuk turut serta dalam mengontrol uang yang diinvestasikan. Memilih asuransi unit link juga menjadi pilihan tepat dan lebih menguntungkan jika dibandingkan memilih tabungan atau deposito.

Selain memperoleh keuntungan dari investasi, unit link juga memiliki keuntungan berupa premi asuransi yang tidak hangus sehingga kapanpun Anda bisa menarik dana kapanpun ketika ada keperluan mendesak.

Baca Juga  Ini Dia 5 Keuntungan Investasi Emas, Mau Coba?

Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan asuransi unit link sebagai investasi jangka panjang :

  1. Proteksi unit link sangat lengkap
  2. Nilai keuntungan investasi tergantung pasar modal
  3. Bersifat fleksibilitas
  4. Cocok bagi Anda yang tidak memiliki keahlian berinvestasi secara murni

Baca Juga Keuntungan dan Kerugian Investasi Asuransi Unit Link

Tinggalkan Balasan

Buzzer

Mengintip Bisnis Buzzer di Tahun Politik

Haruskah Anda Segera Berhenti Bekerja?