in

4 Tips Penting Memilih Asuransi Pendidikan

(Foto: Pexels)

Setiap orang tua pasti ingin mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Tapi memang tak bisa dipungkiri kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya selalu meningkat tajam. Wajib hukumnya bagi para orang tersebut untuk menyiapkan biaya pendidikan anak sejak dini. Karena hal tersebut pun, kini banyak asuransi yang menawarkan berbagai program asuransi pendidikan yang bisa Anda pilih. Agar lebih yakin saat memilih, ketahui dulu 4 tips memilih asuransi pendidikan berikut ini:

1. Perencanaan yang baik

Sebelum memilih program asuransi pendidikan anak. Sudah seharusnya orang tua merencanakan pendidikan anak terlebih dahulu. Bisa dimulai dari membuat daftar sekolah apa saja yang menjadi tujuan Anda. Mulailah mencari informasi berapa kisaran biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke sekolah tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi mengenai peningkatan biaya yang ada setiap tahunnya. Dari situ Anda bisa menentukan kisaran biaya yang Anda butuhkan untuk menyekolahkan anak Anda.

2. Memilih asuransi yang terpercaya

Memang sekarang, perusahaan asuransi semakin berkembang. Banyak juga perusahan-perusahaan asuransi baru yang masih merintis. Tapi sebisa mungkin untuk memilih asuransi yang sudah terpercaya dan memiliki track record yang baik.

Baca Juga  Berencana Menikah 3 Tahun Lagi? Simak Deretan Saham yang Menjanjikan Ini!

Perhatikan penjelasan dari agen asuransi tersebut dan gali terus untuk mendapatkan informasi yang selengkap-lengkapnya. Anda juga bisa mendapatkan informasi dari pengguna lain yang sudah memilih program tersebut terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Tips Dalam Memilih Asuransi Unit Link

3. Pilih sesuai kemampuan dan kisaran biaya asuransi

Jika Anda sudah memilih beberapa program yang menarik perhatian Anda, coba cermati lagi dari semua sisi. Sebisa mungkin untuk memilih program asuransi yang sesuai dengan kisaran rencana pendidikan yang Anda pilih untuk anak Anda nanti.

Selain itu sesuaikan apakah biaya yang harus dibayarkan pada asuransi tersebut sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Tentukan dulu berapa kisaran dana yang bisa Anda sisihkan untuk membayar asuransi tersebut tanpa merasa kesusahan.

4. Polis yang menguntungkan jadi kunci utama

Asuransi tentu saja memiliki tujuan jangka panjang. Asuransi pendidikan biasanya bisa dicairkan setelah anak berada pada usia tertentu dan siap masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Namun Anda juga tidak bisa memprediksi perubahan-perubahan yang ada pada sistem pendidikan. Pasti selalu ada kenaikan biaya di luar dugaan. Makanya sebisa mungkin untuk Anda memilih polis yang lebih fleksibel, sehingga bisa diambil jika pada satu waktu Anda membutuhkan untuk melakukan pembayaran pada sekolah anak Anda.

Baca Juga  Berikut Kelebihan & Kekurangan BPJS yang Perlu Anda Tahu!

Selain itu pilihlah asuransi yang memudahkan Anda jika ingin melakukan peningkatan investasi. Bisa saja mungkin Anda mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi sehingga bisa menambah jumlah investasi. Selain itu jika rencana pendidikan anak Anda adalah ke luar negeri, Anda bisa memilih polis yang bisa berganti mata uang menjadi dollar atau euro.

Jika masih bingung memilih, lihat rekomendasi asuransi pendidikan terbaik di sini.

Tinggalkan Balasan

8 Alasan Untuk Pertimbangkan Bisnis Frenchise

Jangan menjadikan harga sebagai patokan anda dalam memilih broker emas. Biasanya, banyak broker menjanjikan komisi yang rendah untuk menarik investor,

Ini Dia 5 Keuntungan Investasi Emas, Mau Coba?