in

Ini Dia 5 Keuntungan Investasi Emas, Mau Coba?

Jangan menjadikan harga sebagai patokan anda dalam memilih broker emas. Biasanya, banyak broker menjanjikan komisi yang rendah untuk menarik investor,

Melakukan investasi bisa melalui berbagai macam instrumen, salah satunya adalah melalui investasi emas. Investasi emas dinilai lebih mudah dijalankan, khususnya untuk para pemula. Bahkan pamor investasi emas sejak dulu pun tak pernah padam, dan masih banyak orang yang memilih jalur instrumen ini. Ada beberapa keuntungan yang patut Anda ketahui jika ingin mencoba berinvestasi emas. Apa saja keuntungan tersebut? Simak di sini!

1. Harga emas selalu naik

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain yang tidak bisa Anda prediksi kenaikan atau penurunan harganya, harga emas justru akan selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Meskipun tak memiliki peningkatan yang benar-benar signifikan, tapi pasti selalu ada kenaikan.

Kenaikan harga emas pun dipicu dari tingkat inflasi pada satu negara. Untuk membeli emas, disarankan untuk membelinya di PT. Aneka Tambang (Antam) ataupun pegadaian. Anda bisa membelinya di toko perhiasan biasa, tapi perhatikan dengan detail keasliannya ya.

2. Tak membutuhkan modal besar

Saat ingin berinvestasi pasti Anda dipusingkan dengan berapa modal yang Anda butuhkan. Emas ditawarkan dengan beragam pilihan. Anda bisa memilih emas dengan berat dari 1 gram – 1000 gram.

Baca Juga  Apa Itu IPO (Initial Public Offering)?

Jika biasanya emas dijual dalam kisaran harga Rp540 ribu – Rp600 ribu pergram. Anda bisa mulai menabung setiap bulannya dengan angka Rp540 ribu saja.

3. Salah satu investasi jangka panjang

Bisa Anda ketahui bahwa, harga kenaikan dari emas tidaklah signifikan. Memang pasti ada kenaikan setiap tahunnya, tapi bergantung pada kenaikan inflasi yang ada. Maka dari itu investasi emas ditujukan sebagai investasi jangka panjang.

Anda baru bisa merasakan hasilnya jika emas tersebut sudah berusia sekitar 5 tahun ke atas. Tapi dibandingkan jika hanya menabung uang kertas saja yang tidak memiliki nilai intrinsik dan bakal tergerus inflasi, lebih baik menyimpannya dalam bentuk emas, bukan?

Baca juga: 5 Cara Investasi Emas yang Menguntungkan

4. Kepemilikan aset sendiri

Jika pada investasi reksadana Anda harus menyerahkan kekuasaan pada manajer investasi, investasi emas menawarkan kepemilikan aset oleh Anda sendiri. Hal itu dikarenakan setelah Anda membeli emas dari Antam, toko perhiasan, atau pegadaian, emas tersebut sudah harus Anda kelola sendiri.

Baca Juga  7 Tips Dalam Memilih Asuransi Unit Link

Keseluruhan keputusan pun ada di tangan Anda. Apakah Anda sudah ingin menjualnya, menukarnya dengan yang lebih besar, membaginya menjadi gram yang lebih kecil, atau menyimpannya.

5. Dapat dicairkan kapan saja

Anda tidak bisa memprediksi pengeluaran yang terjadi untuk ke depannya. Selalu ada momen dimana Anda membutuhkan dana darurat. Dengan berinvestasi emas, Anda memiliki keuntungan. Emas dengan mudah dapat dicairkan kapan saja.

Anda bisa menjualnya kembali, atau menggadaikannya ke pegadaian. Emas memiliki harga yang lebih rasional ketika dijadikan jaminan, dibandingkan dengan laptop atau handphone.

Siap berinvestasi emas? Langsung lihat harga emas hari ini, yuk. Klik di sini ya!

Tinggalkan Balasan

4 Tips Penting Memilih Asuransi Pendidikan

Ramadhan Masih 1 Bulan Lagi, Harga Bawang Putih Sudah Meroket